Pilihan Tempat Kuliner Sehat di Jogja

Foto : IST

Anda yang menginginkan pilihan menu sehat, tentu sulit menikmati wisata kuliner. Santapan yang bagi orang lain enak, mungkin bagi Anda kurang menyehatkan. Mungkin ada juga di antara Anda yang harus menjaga gula darah ataupun tensi dan menahan diri tidak memakan kuliner tertentu. Bagi Anda yang termasuk dalam golongan ini, rekomendasi wisata kuliner sehat bisa jadi pilihan. Rekomendasi kali ini akan membahas daerah Jogja, jadi bagi Anda yang datang berwisata ke kota ini, silahkan menggunakan artikel berikut sebagai panduan wisata kuliner Anda.

Bakpia Kurnia Sari

Jika berbicara makanan kuliner khas Jogja, Bakpia merupakan makanan yang harus dicoba. Makanan camilan dari pastry ini biasanya tersedia dengan berbagai pilihan rasa dan isian. Bakpia bisa dibilang merupakan camilan yang sehat karena banyak terbuat dari bahan alami seperti kacang – kacangan. Untuk pilihan bakpia yang tidak menggunakan banyak pengawet, Bakpia Kurnia Sari adalah pilihan yang paling cepat.

Bakpia Kurnia Sari terkenal lebih lembut dan rasa kacang hijaunya lebih terasa. Walaupun begitu, Anda yang ingin rasa lain bisa memilih dari banyak rasa lain. Mulai dari bakpia rasa kopi, keju, susu, nanas, coklat dan bahkan teh hijau. Apapun pilihan rasa yang dipilih, semuanya memiliki tekstur lembut dan legit. Karena tidak menggunakan banyak pengawet, bakpia ini tidak memiliki umur panjang. Walaupun begitu jika ingin membawa bakpia ini menjadi oleh – oleh, Anda bisa meminta untuk dibungkus vakum. Teknik membungkus vakum memastikan umur camilan khas Jogja ini mampu bertahan sampai seminggu selama tidak bocor.

Warung Bumi, Bumi Langit Institute

Rumah makan ternama ini merupakan bagian dari komunitas Bumi Langit Institute yang merupakan organisasi wadah bagi masyarakat untuk belajar skill dan pengembangan diri. Dalam area Bumi Langit Institute, Anda bisa melihat area seluas 3 Ha yang dipenuhi dengan perkebunan, peternakan, penginapan dan rumah makan. Nah, rumah makan ini yang ada di sini diberi nama Warung Bumi dan sempat terkenal karena dikunjungi oleh Barack Obama pada tahun 2017 lalu.

Tempat makan ini menyediakan makanan unik yang menyehatkan. Mereka mengaku mendapatkan bahan segar langsung dari perkebunan dan peternakan Bumi Langit Institute. Bahan yang mereka gunakan bersifat organis dan diolah sebaik mungkin tanpa menggunakan bahan kimia. Dalam menu – menunya, mereka juga mengaku tidak menggunakan bahan penyedap rasa buatan.

Pilihan makanan di sini mungkin tidak asing bagi Anda, tapi rasanya sehat dan tentunya menyehatkan. Menu – menu tersebut contohnya adalah nasi campur, nasi goreng, mie goreng dan berbagai makanan sederhana lain. Tapi jangan meremehkan hanya karena terlihat sederhana, rasa makanan di sini mantap dan enak lho!

Foto : IST

Warung Vegetarian Somayoga

Nah, karena sebelum sudah berbicara tempat kuliner bebas pengawet dan organic, sekarang waktunya membahas tempat makan khusus vegetarian. Bagi Anda yang tidak bisa memakan daging, info tempat makan ini tentunya sungguh membantu. Tempat makan yang akan dibahas ini adalah Warung Vegetarian Samayoga

Warung ini terkenal karena menyediakan makan vegetarian yang bahkan bisa dinikmati non-vegetarian. Kombinasi makanan yang enak dan pemandangan yang indah juga membuat tempat ini banyak dikunjungi. Samayoga juga merupakan pelopor rumah makan vegetarian di Jogja, jadi tidak heran, nama resto ini sangat populer.

Menu yang ditawarkan adalah makanan menu tradisional Indonesia tapi dengan sentuhan vegetarian. Meski menggunakan menu vegetarian, daging tetap ada disini lho. Daging yang ada di Somayoga adalah olahan jamur dan tepung dan bisa dibilang daging vegetarian. Walaupun bukan daging asli, rasanya tetap enak dan terkadang tidak dapat dibedakan dengan daging yang asli. Karena merupakan menu vegetarian Anda tidak perlu khawatir masalah kolesterol saat makan di sini.

Bagaimana, cukup banyak bukan tempat makan murah dan enak di Jogja? Jika Anda tertarik, langsung saja rencanakan wisata kuliner Anda ke sini. Tapi jika Anda perlu info lebih soal tempat kuliner di Jogja yang lain sebelum memutuskan, Anda bisa kunjungi website Traveloka dan melihat list info wisata kuliner Jogja-nya. List Restoran di Jogja di Aplikasi Traveloka cukup lengkap infonya dan bisa membuat perjalanan wisata kuliner Anda lebih mudah. Selamat jalan – jalan!