Pilih Pemimpin yang Mengajak Maju Bersama

Prof. Dr. Mahfud MDBENGKULU, bengkuluekspress.com – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfudz MD melakukan orasi budaya dalam pagelaran seni budaya Jawa di Provinsi Bengkulu, Senin (30/11/2015). Dalam orasinya pria asal Madura Jawa Timur ini mengajak masyarakat Jawa-Bengkulu untuk memilih pemimpin yang berbasis budaya. Karena menurutnya pemimpin yang cinta akan seni dan budaya adalah pemimpin yang ingin maju bersama rakyatnya.

“Seni ini bukan sekadar musik dan tarian. Tapi budaya mengandung pesan-pesan moral yang diekspresikan. Kebaikan akan selalu menang melawan kejahatan, seperti korupsi yang akan hancur,” sampai Mahfudz.

Ada 8 pedoman kepemimpinan yang disampaikan oleh Mahfudz dalam orasi budayanya. Menurut Mahfudz untuk menjadi pemimpin yang baik harus mengedepankan 8 sifat tersebut. Diantaranya, Surya yang berarti orang yang punya sikap konsisten.  Candra yeng berarti rembulan bersifat lembut baik ramah dan tidak sombong. Kartika yang berarti bintang  sebagai pemandu terhadap orang yang dipimpin dan menjadi petunjuk arah.

“Pemimpin harus punya visi kedepan,”tegasnya.

Lanjut Mahfudz, pedoman selanjutnya, pemimpin harus punya pendirian dan konsisten untuk melakukan sesuatu. Pemimpin harus terbuka menerima kritik menerima nasihat.

“Pemimpin itu menyegarkan dan bisa memotivasi masyarakat untuk lebih baik. Pemimpin harus juga harus tegas,” ujarnya.

Dengan itu, pada Pilkada serentak 2015, Mahfudz mengajak semua masyarakat untuk memilih pemimpin yang memiliki sifat seperti yang ia sebutkan diatas. (Dil)