Pilgub Bengkulu Head to Head, Lembaga Survei Unggulkan Helmi Hasan atas Rohidin Mersyah

BENGKULU, BE– Pemilihan gubernur (Pilgub) Bengkulu akhirnya hanya diikuti dua pasang calon gubernur Bengkulu, yaitu No 1 Helmi Hasan-Muslihan DS dan No 2 Rohidin Mersyah-Rosjonsyah. Beberapa lembaga survei sudah mensimulasikan jika dua pasang ini berhadapan.

Lembaga survei Fixpoll Research and Strategic Consulting telah melakukan survei untuk Pemilihaan Gubernur (Pilgub) Bengkulu yang dirilis beberapa waktu lalu.

Dari 640 orang responden yang diambil, hasilnya, jika balon gubernur hanya dua pasang atau head to head dalam simulasi survei, antara Rohidin Mersyah dan Helmi Hasan, maka Helmi Hasan lebih unggul yaitu 28,8 persen dan Rohidin Mersyah 22,6 persen.

RIO/BE
NOMOR URUT: Pasangan Helmi-Muslihan mendapat nomor urut 1 sedangkan pasangan Rohidin Mersyah-Rosjonsyah mendapat nomor urut 2 dalam rapat pleno terbuka pengundian nomor urut pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Bengkulu Pilkada 2020 yang diselenggarakan KPU Provinsi Bengkulu, Kamis (24/9)

“Simulasi dua kandidat nama itu, kita berikan pertanyaan kepada responden, seandainya pemilihaan langsung Gubernur Bengkulu dilaksanakan pada hari ini, maka itu jawaban responden,” terang Direktur Eksekutif Fixpoll Research and Strategic Consulting, M Anas.
Diterangkan, nama petahana akan lebih unggul, jika head to head itu dilawankan dengan Ferry Ramli. Rohidin Mersyah unggul 26,0 persen dan Ferry Ramli hanya 14,6 persen. Sama halnya, jika Rohidin Mersyah bertarung dalam Pilgub melawan Ahmad Hijazi maka Rohidin Mersyah lebih unggul yaitu 27,2 persen dan Ahmad Hijazi hanya 18,3 persen.
“Kita coba simulasikan dua nama berbeda berhadapan dengan Rohidin Mersyah,” tambahnya.

Lalu jika Agusrin M Najamudin head to head dengan Helmi Hasan, maka Agusrin M Najamudin akan lebih unggul. Kemudian jika Helmi Hasan head to head dengan Ferry Ramli, maka nama Helmi Hasan lebih unggul. Jika Helmi Hasan head to head dengan Ahmad Hijazi, nama Helmi Hasan lebih unggul.
Jika Agusrin M Najamudin head to head dengan Ferry Ramli, maka Agusrin M Najamudin lebih unggu. “Kalau simulasi tiga nama, nama Agusrin M Najamudin lebih unggul 28,7 persen, menyusul nomor dua nama Rohidin Mersyah 21,5 persen dan Helmi Hasan 19,6 persen,” tuturnya.

Sementara itu, untuk popularitas, kesukaan dan elektabilitas, nama Agusrin M Najamudin lebih unggul dibanding balon gubernur lainnya. Menyusul nama Rohidin Mersyah unggul nomor dua dari sisi popularitas dan elektabilitas.
Kemudian urutan ketiga nama Helmi Hasan dengan tingkat kesukaan masyarakat cukup tinggi. “Jika pemilihaan gubernur dilakukan hari ini, Agusrin 16,4 persen, Rohidin 12,4 persen dan Helmi Hasan 11,9 persen,” tegas Anas.

Hasil survei, menurut Anas juga melihat penilaian masyarakat atas kinerja pemerintah. Paling dianggap baik oleh masyarakat yaitu proses demokrasi dan penegakan hukum. Lalu yang paling dianggap buruk ada dua sektor yaitu pemerataan pembangunan 34,4 persen dan pembangunan infrastruktur 32,2 persen. “Kinerja pemerintah menjadi kunci kepuasan publik,” tandas Anas.

//Survei Roda Tiga
Sementara itu, Roda Tiga Konsultan yang merupakan lembaga survei mengeluarkan hasil rilisnya untuk balon Gubernur Bengkulu. Dari hasil survei yang diambil 810 orang responden dari 1,3 juta jiwa mata pilih se-Provinsi Bengkulu, dilihat dari hasil suka dan tidak suka balon kepala daerah itu, nama Helmi Hasan tingkat kesukaanya 58,7 persen, tidak suka 5,9 persen lebih unggul dibanding Rohidin Mersyah tingkat suka masyarakat 52,9 persen dan tidak sukanya sampai 11,7 persen.

Survei juga meminta responden memilih, jika pilkada dilakukan hari ini, maka hasilnya banyak masyarakat memilih nama Rohidin Mersyah 16,5 persen dan Helmi Hasan 14,2 persen. Tingkat kepuasan masyarakat di pimpin Gubernur Rohidin Mesyah juga survei. Tingkat sangat puas 3,0 persen, puas 45,9 persen, tidak puas 29,3 persen, sangat tidak puas 3,0 persen. “Tidak memberikan jawaban 18,9 persen,” ujar Direktur Riset Roda Tiga Konsultan, Muhammad Taufiq Arif.

Lalu jika dilihat dari hasil surve popularitas, nama Rohidin Mersyah 79,9 persen paling unggul. Lalu nama Helmi Hasan 73,8 persen. Survei ini diambil di pedesaan 70,4 persen dan perkotaan 29,6 persen. “Gendernya laki-laki 50 persen dan perempuan 50 persen,” pungkas Arif. (151/001*)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*