PGRI dan IGI Bengkulu Fokus Luluskan Honorer Seleksi PPPK

BENGKULU BE – Dua organisasi profesi guru, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Bengkulu, bersama-sama fokus untuk meluluskan guru dalam seleksi jadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mendatang. Bukti keseriusan tersebut dengan cara memberikan pendampingan dan bimbingan mengerjaan soal latihan pada para guru honorer. Dengan harapan para guru mengetahui kisi-kisi soal dan bentuk soalnya yang bakal diujikan kelak

Sekretaris Umum PGRI Provinsi Bengkulu Bimas Yanto saat dikonfirmasi BE mengatakan, “Pemerintah telah mengeluarkan formasi dan pengumuman seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan PPPK 2021. Pengumuman seleksi dibuka pada 30 Mei hingga 13 Juni 2021 dan pendaftaran seleksi dimulai 31 Mei hingga 21 Juni 2021.”

Seleksi kompetensi PPPK nonguru menggunakan sistem computer Assited Tes (CAT) BKN, diperkirakan digelar pada Juli hingga September. Selanjutnya, seleksi kompetensi PPPK guru (CBT) Kemendikbud dibagi dalam tiga tes. Yaitu, tes I pada Agustus 2021, tes 2 bulan Oktober 2021 dan tes III pada Desember 2021.

Hingga saat ini pemerintah belum mengumumkan passing grade yang harus dicapai para tenaga honorer sebagai ambang batas dinyatakan lulus seleksi. Meski begitu, pemerintah telah memberikan tambahan nilai bagi para guru honorer dengan tambahan nilai/afirmasi yang memiliki sertifikat pendidik yang linier dengan formasi yang dilamar. Kemudian, tambahan nilai juga dilihat dari faktor usia. Para peserta yang memiliki usia diatas 35 tahun dan berstatus aktif sebagai guru selama 3 tahun berdasaran data pokok pendidik, disabilitas dan guru honorer THK-II.

Menjelang pelaksanaan seleksi tersebut, PGRI membantu mendampingi guru untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi PPPK ini. Pendampingan dan bimbingan mengerjakan soal sudah dilaksanakan dua kali. Dan dalam waktu dekat PGRI kembali menggelar pendaftaran bimbingan teknis dan try out PPPK, yang diselenggarakan APKS PB PGRI.

“Try Out gelombang 3 dilaksanakan mulai 26 Mei mendatang, pendaftarannya sekarang sudah dibuka dan ditutup 20 Mei 2021. Pendaftaran try out dilakukan secara kolektif, hanya bisa dilakukan oleh perwakilah sekolah, pengurus PGRI atau pun secara mandiri,” katanya.

Kegiatan Bimbingan teknis tersebut jelas Bimas Yanto digelar secara daring melalui aplikasi LMS, telegram, zoom. Pelatihan ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Hal sama diungkapkan Sekwil IGI Provinsi Bengkulu Feri Vahleka menuturkan, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Bengkulu fokus meluluskan guru untuk bisa lulus dalam seleksi PPPK.

Seperti diketahui usulan formasi guru PPPK Provinsi Bengkulu, yang diterima sebanyak 4.842 guru dari 10.511 yang diusulkan. Dari jumlah formasi yang diterima tersebut, formasi yang keluar baru kabupaten Mukomuko, sedangkan kabupaten dan kota lainnya masih dalam proses.

Feri menegaskan, saat ini IGI terus melakukan pendampingan dan bimbingan kepada para guru honorer, sebagai bentuk kepedulian tersebut. Setiap guru honorer dibawah naungan IGI diberi latihan soal setiap harinya.

“Kita (IGI-red) setiap hari dipagi hari memberikan 1 soal kepada kawan-kawan guru PPPK. Kemudian, kita lakukan evaluasi dari jawabannya,” katanya.

IGI meyakini dengan sistem memperbanyak pengerjaan soallatihan, maka sebanyak 90 persen guru yang ikut seleksi PPPK nantinya dinyatakan lolos.

“Kita harapkan status guru diperjelas dan mendapatkan kesejahteraan yang layak,” tandasnya. (247)