Petugas Rutan dan Warga Binaan BS Diswab

SWAB: Petugas rutan kelas IIB Manna BS saat menjalani swab, Kamis (12/11).

PASAR MANNA, bengkuluekspress.com – Untuk memastikan rumah tahanan (Rutan) Kelas II B Manna Bengkulu Selatan (BS) bebas dari penyebaran Covid-19, pihak rutan melakukan swab kepada semua petugasnya. Tidak hanya petugas, warga binaan juga akan diswab.

“64 petugas rutan dilakukan Swab oleh pihak Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Kamis (12/11),” kata Kepala Pengamanan Rutan Kelas II B Manna, Frengky LH Sinaga SH.

Dikatakan Frengky, swab dilakukan terhadap petugas tersebut di rutan kelas IIB Manna BS. Sedangkan untuk warga binaan yang jumlahnya sekitar 250 orang akan diswab dalam waktu dekat ini.

“Hasil swab terhadap petugas akan diketahui dalam beberapa hari ke depan,” ujarnya.

Meskipun belum diketahui hasilnya, Frengky optimis semua petugas negatif covid-19. Sebab selama ini pelayanan dan penjagaan Rutan sesuai Protokol Kesehatan (Prokes). Namun demikian sambung Frengky, pihaknya tidak ingin mengambil resiko, sehingga proses swab tetap dilakukan pada seluruh petugas Rutan.

“Swab ini untuk memastikan rutan bebas Covid-19,” beber Frengky.

Ditambahkan Frengky, ,untuk sistem besuk warga binaan, pihak Rutan masih menerapkan sistem tatap muka menggunakan layar. Sehingga tidak ada sentuhan fisik antara keluarga yang membesuk dan warga binaan. Hal ini dilakukan guna menghindari virus corona. Sehingga rutan kelas IIB Manna BS benar-benar bebas dari covid-19.

“Untuk menghindarkan warga binaan agar tidak tertular covid-19, antara pembesuk dan warga binaan tidak bertemu langsung, cukup lewat layar yang sudah terpasang,” demikian Frengky. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*