Petugas KPPS Pingsan


IST/Bengkulu EkspressPetugas kesehatan yang disiagakan dalam pelaksanaan pleno tingkat PPK di Kecamatan Curup Utara. Dalam pleno kemarin, ada satu petugas KPPS yang pingsan saat proses pleno PPK di Kabupaten Rejang Lebong.

CURUP, Bengkulu Ekspress– Proses pleno di tingkat PPK di Kecamatan Curup Tengah nyaris menelan korban jiwa. Hal tersebut setelah salah seorang anggota Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS), pingsan. Ketua KPU Rejang Lebong, Drs Restu S Wibowo mengungkapkan salah satu anggota KPPS yang pingsan tersebut atas nama Puji Utami (41) warga Kelurahan Air Bang Kecamatan Curup Tengah. Yang bersangkutan pingsan saat melakukan proses pembukaan kotak suara.

“Senin (22/4) sore kemarin memang ada satu anggota KPPS kita yang pingsan saat proses pleno di tingkat Kecamatan Curup Tengah,” sampai Restu saat dikonfirmasi Selasa (23/4) kemarin.

Pasca pingsannya anggota KPPS Kelurahan Air Bang tersebut, maka yang bersangkutan langsung dilarikan ke RSUD Curup untuk mendapatkan pertolongan medis. Di sisi lain, Restu juga mengungkapkan sebelumnya ada juga petugas Trantib TPS di Kecamatan Curup Utara yang meninggal, yaitu atas nama Warmo (54) warga Desa Lubuk Ubar Kecamatan Curup Selatan. Korban meninggal pada Senin (15/4) lalu, saat mendampingi petugas KPPS membagikan C-6 kepada para pemilih.

“Yang meninggal memang sebelum Pemilu, kemungkinan besar karena kelelahan karena menyiapkan tahapan Pemilu karena sebelumnya almarhum sempat mencari bambu untuk TPS,” tambahnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa karena kelelahan saat pleno, KPU Rejang Lebong saat ini menyiagakan petugas medis di kecamatan yang masih melakukan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu serentak di daerah itu.”Untuk mengantisipasi jatuhnya korban, saat ini kita telah menyiagakan petugas medis di setiap kecamatan yang melaksanakan pleno,” sampai Restu.

Di sisi lain, dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, hingga kemarin sudah ada beberapa kecamatan yang telah selesai melaksanakan pleno di tingkat kecamatan. Kecamatan yang sudah selesai melaksanakan pleno tersebut adalah Kecamatan Sindang Beliti Ilir, Sindang Beliti Ulu, Bermani Ulu Raya, Binduriang, Kota Padang, Padang Ulak Tanding, Sindang Kelingi, Sindang Dataran dan Bermani Ulu.

Sedangkan enam kecamatan lainnya hingga Selasa siang masih melangsungkan rekapitulasi tingkat kecamatan adalah Kecamatan Curup Tengah, Curup Timur, Curup Selatan, Curup Utara, Kecamatan Curup dan Kecamatan Selupu Rejang.”Kecamatan yang belum selesai hingga hari ini (kemarin) adalah kecamatan yang jumlah TPS nya banyak seperti Curup Tengah 94 TPS dan Selupu Rejang 101 TPS,” jelas Restu.

Dalam kesempatan tersebut, Restu mengungkapkan pihaknya tidak membatasi waktu dari pelaksanaan pleno di tingkat PPK tersebut, namun menurutnya akan disesuai dengan kemampuan dari petugas PPK dan pihak terkait lainnya yang melaksanakan pleno.

Dibagian lain berdasarkan informasi yang dihimpun Bengkulu Ekspress, turunnya daya tahan tubuh para petugas KPPS, PPK dan lainnya dalam pelaksanaan Pemilu karena mereka kurang istirahat khususnya tidur. Akibat kurangnya istirahat tersebut, banyak petugas yang tekanan darahnya turun maupun naik, serta mulai diserang flu maupun demam. (251)