Petugas Kesehatan Duluan Divaksin Covid-19

Siswanto SSos MSi

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan (BS), Siswanto SSos MSi melalui Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P), NS Elfa Sari SKM MKes mengatakan dalam waktu dekat semua warga BS akan diberikan vaksin covid-19. Hanya saja yang duluan diberikan vaksin petugas kesehatan. Sebab mereka merupakan garda terdepan dalam penanganan covid-19. Setelah itu barulah masyarakat BS.

“Ada 1.637 petugas kesehatan di BS dan mereka target utama yang akan divaksin,” katanya.

Dikatakan Elfa Sari, sebelum pemberian suntik vaksin, pihaknya terlebih dahulu memberikan pelantikan kepada petugas yang akan memberikan vaksin. Sehingga sebanyak 14 puskesmas BS dan seluruh tenaga medis akan mengikuti pelatihan vaksinator oleh Bidang P2P. Sehingga pihak Dinkes mengikuti Training Of Trainer (TOT) Vaksinator.

“Sebelum vaksin, petugas dilatih agar tidak salah dalam memberikan vaksin nanti,” ujarnya.

Dijelaskan Elfa, pemberian vaksin sudah dimulai Rabu (13/1) yakni yang pertama Bapak Presiden RI, selanjutnya wilayah ibukata Jakarta. Barulah setelah itu tanggal 14 Januari tingkat provinsi. Sedangkan untuk kabupaten sehari setelah provinsi, atau tepatnya tanggal 15. Untuk bulan Januari ini sebut Elfa vaksin diberikan pada kabupaten yang paling dekat dengan Provinsi Bengkulu yakni Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah dan Seluma. Sementara untuk alokasi distribusi vaksin Covid-19 BS yakni 3.080 pada tahap I termin 2 pada Februari 2021.

“Untuk kita jadwalnya Februari mendatang,” terang Elfa. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*