Petugas Damkar Siaga 24 Jam

=foto: Elpi Sopyan==

BINTUHAN, Bengkulu Ekspres – Bagian Pemadam Kebakaran (Damkar) Dinas Satpol PP Linmas dan Damkar Kabupaten Kaur, menyiagakan Petugas Damkar untuk mengantisipasi kebakaran karena cuaca panas ekstrim yang terjadi beberapa hari terakhir ini. Sebab cuaca panas ekstrim berpotensi kebakaran. Bahkan untuk memastikan kondisi tim yang dapat bertugas maksimal dilakukan uji coba peralatan dan latihan.

“Kita barusan melakukan simulasi pemadaman kebakaran dan juga melakukan pelatihan dengan anggota damkar,” kata Kabid Damkar, Satpol PP Linmas dan Damkar Kaur, Elpi Sopyan S Sos, kemarin (16/7).

Dikatakannya, dalam menghadapi musim kemarau ini masyarakat Kabupaten Kaur juga dihimbau untuk hati hati terhadap material yang bisa menimbulkan api, berbagai material yang mudah terbakar yakni, kayu, rumput atau ilalang, dan kabel listrik akan sangat berpotensi memercik kan api dalam cuaca yang sangat panas seperti sekarang ini. Sebab dengan kondisi cuaca seperti ini intensitas kebakaran di wilayah Kabupaten bisa meningkat.

“Disini saya berharap musim kemarau itu tidak berkepanjangan sehingga menimbulkan kebencanaan, dan kepada masyarakat jika meninggalkan rumah pastikan rumah benar-benar aman,” himbaunya.

Ditambahkannya, dalam mencegah kebakaran ini, petugas Damkar Kaur selalu latihan mengasah skill dan kemampuan mereka dalam memadamkan api, mengasah penggunaan alat pemadam dan berbagai antisipasi lainnya. Meski demikian pihaknya tetap berharap agar tidak ada tim turun dalam musim kemarau ini,artinya tak ada kebakaran dI kabupaten Kaur.  “Saat ini untuk mobil Damkar yang kita siagakan ada tiga unit, semuanya kita tempatkan di jantung ibu kota, sehingga bila ada kebakaran dapat dengan cepat meluncur ke lokasi,” tandasnya.(618)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*