Peternak Diminta Waspadai Penyakit Hewan

Nasrul Rahman

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Dinas Pertanian (Dispertan) kembali mengingatkan para peternak atas serangan penyakit jelang musim hujan. Penyakit seperti flu dan diare biasa menghambat produktivitas hewan ternak. Imbauan ini disampaikan langsung Nasrul Rahman SHut MSi, Jum’at (12/3).

“Untuk penyakit pada hewan ternak yang harus diwaspadai. Mulai sapi, kambing, ayam dan dan lainnya karena kini sedang musim hujan,” kata Nasrul.

Dikatakannya,musim hujan yang terus melanda wilayah Provinsi Bengkulu khususnya wilayah Kaur beberapa pekan terakhir ini akan berdampak pada daya tahan hewan ternak sehingga menyebabkan rentan kematian. Dimana biasanya penyakit yang dikhawatirkan menyerang ternak, yakni flu burung pada unggas dan demam serta diare pada ternak besar seperti sapi, kerbau, maupun kambing. Meskipun sejauh ini masih terbilang aman, namun ia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada.

“Musim hujan ini peternak kita minta untuk pencegahan, dengan penguatan biosecuriy, mutu pakan diperhatik. Karena ini sangat mudah sekali menyerang ternak,” imbaunya.

Ditambahkannya, untuk hewan unggas. Penyakit yang sering muncul dan perlu diwaspadai adalah cholera unggas atau berak hijau, gumboro, cronic respirasy desease atau penyakit pernafasan, newcastle desease atau tetelo, dan infectius bronchitis. Selain itu, peternak juga diminta sering membersihkan kandang agar di musim dingin ini tidak lembab. Juga diminta ara peternak agar tak ragu melakukan vaksin dan memberikan vitamin tambahan untuk pencegahan penyakit.

“Yang harus diperhatikan adalah kotoran ternak harus sering dibersihkan, air minum dijaga kebersihannya. Juga kalau ada ternak yang sudah mulai drop segera hubungi petugas kita agar dilakukan vaksin dan vitamin,” tandasnya.(618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*