Petani Terbantu Mesin

Saat ini mesin perontok padi milik Koptan Sejatera sedang beraktivitas kemarin (79)

BINTUHAN,BE-Bantuan mesin perontok padi diterima kelompok tani (Koptan) Sejahtera dan tujuh Koptan lainnya dari Dinas Pertanian Kabupaten Kaur, sangat membantu pekerhaan petani.
“Alhmdulillah dengan adanya mesin perontok kami sebagai petani merasa terbantu,”ujar pengurus Koptan Sejahtera Ahmad Zainudin (45) kemarin.
Zainudin mengatakan,  jika biasanya jika petani merontok  buah padi secara manual untuk ukuran dua orang satu hari hanya mencapi 50 kaleng sehari. Sedangkan jika memakai mesin, mereka bisa merontok satu hari. Mrengenai bahan bakar, mesin diesel yang dipakai untuk peralatan itu irit.
“Memang tidak bisa saya pungkiri bantuan ini besar menfaatnya bagi kami. Dengan jumlah delapan unit mesin perontok yang diberikan ke petani di desanya. Lebih 160 kepala keluarga yang terbantu saat musim panen padi. Dengan hal ini lebih 160 kepala keluarga yang ekonominya mendapat kemajuan,” ujarnya.
Lanjutnya,  berdasarkan pengalamannya saat memakai alat ini. Selama tiga hari bekerja mesin tersebut hanya menghabiskan lima liter solar. Sehingga dengan biaya operasional kecil. Sedangkan hasil didapat dari aktivitas maksimal. Seluruh anggota Koptan menadapat keuntungan kembali.
“Saya berharap program –program lainnya terus bissaa diluncurkan ke kaum petani seperti Koptamn kami. Berbeda. Untuk memakisamalkan aktivitas ekonomi kami supaya semakin membaik. Hal yang sama jug dilakukan terhadap Koptan ytang lainnya di seluurh kabupaten ini,” harapnya.(618)