Petani Padi Mulai Turun Tanam

ERICK/BE
MENANAM : Para petani sawah di Kecamatan Lebong Sakti sudah memulai menanam padi untuk periode panen tahun 2020.

LEBONG, bengkuluekspress.com – Memasuki musim penghujan yang sudah mulai turun beberapa minggu belakangan ini, beberapa petani sudah mulai turun ke sawah untuk menanam padi. Seperti yang lakukan masyarakat Kecamatan Lebong Sakti dan ditergetkan akhir bulan Desember, seluruh lahan sawah di Kecamatan Lebong Sakti selesai tanam. Salah seorang petani di Kecamatan Lebong Sakti, Safarudin (53) menjelaskan, dirinya bersama warga sudah mulai membersihkan lahan persawahan dari rumput pada musim kemarau yang lalu.

“Kita sudah mulai membersihkannya, bahkan pertengahan November sudah ada petani yang memulai menanam padi,” jelasnya, kemarin (08/12).

Dijelaskannya, pada awal pertengahan bulan November, hujan mulai turun di Kabupaten Lebong hingga saat ini. Meskipun hujannya belum terlalu tinggi, namun sudah mampu membasahi maupun mengaliri persawahan. “Sehingga kita para petani bisa memulai masa tanam untuk panen di tahun 2020 mendatang,” sampainya.

Terpisah, Camat Lebong Sakti, Gusmawati menerangkan, bahwa untuk masa tanam padi di Kecamatan Lebong Sakti biasanya mulai dilaksanakan para petani yang memiliki lahan sawah di seberang aliran sungai Ketahun (dari perumahan warga). Selanjutnya para petani yang memiliki lahan di belakang rumah atau desa yang berbatasan dengan Kecamatan Bigin Kuning dan Lebong Tengah. “Secara bertahap para petani akan memulai menanam padi dan hal tersebut telah dilakukan sejak lama,” ucapnya.

Ia menambahkan, pada akhir bulan Desember 2019 ini, kemungkinan besar seluruh sawah yang ada di Kecamatan Lebong Sakti selesai ditanam. “Namun melihat musim hujan telah turun, kemungkinan besar sawah tidak ada yang tidak dialiri air,’ ucapnya.

Namun demikian, Gusmawati berharap, kepada seluruh para petani agar bisa mengikuti program turun tanam secara serentak. Tujuannya, untuk mengatisipasi terjadinya gagal panen karena masalah aliran air atau hama yang dapat menggagalkan petani. “Pastinya kita berharap agar panen tidak mengalami masalah,” imbaunya.(614)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*