Petani Padi Harus Diberi Reward

KEPAHIANG, BE – Untuk mengantisipasi terjaganya ketahanan pangan di Kepahiang, Dinas Pertanian Kepahiang mengusulkan pemberian reward (penghargan) untuk petani sawah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya alih fungsi lahan persawahan yang berimbas kerawanan pangan. “Kita berencana akan memberikan penghargaan untuk petani yang mempertahankan lahan sawahnya karena ini wujud terciptanya ketahanan pangan,” ujar Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan) Kepahiang, Pujo Suripto SP kemarin.

Dikatakannya, walapun pemberian reward ini masih terganjal anggaran. Dispertan tetap menghimbau petani untuk mengurangi terjadinya alih fungsi lahan sawah ke perkebunan.”Soal pangan ini sangat penting, dan keberadaan lahan persawahan harus dipertahankan. Seperti halnya pemerintah daerah gencar menjalankan program cetak sawah baru,” katanya.
Menurutnya,jika terdapat alih fungsi lahan sawah dikarenakan lahan itu dinilai tak lagi produktif. Sehingga petani memilih untuk menjadikan lokasi pertanian lainnya yang lebih menghasilkan. “Tetap ada pembukaan lahan sawah baru. Namun, untuk yang dilaksanakanpemerintah, bukan lahan yang pernah dijadikan sawah sebelumnya karena akan jadi temuan oleh tim audit,”pungkasnya. (505)