Petani Kopi Dibacok

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Masyarakat Desa Air Selimang Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang dibuat heboh, Senin (17/6) sore. Pasalnya, seorang petani kopi Sukarman (58) nyaris tewas dengan kondisi bersimbah darah keluar dari area perkebunan kopi.

Korban menderita banyak luka bacok di bagian kepala, kaki dan tangan yang dilakukan Johar (53) dan Aji (27) merupakan tetangga kebunnya. Informasi terhimpun ketiganya juga masih memiliki hubungan keluarga, karena sama-sama berasal dari daerah Kecamatan Talo Kabupaten Seluma.

Peristiwa berdarah terjadi di kawasan Pondok Kebun Sukarman yang berjalan puluhan kilometer dari permukiman penduduk Desa Air Selimang Kecamatan Seberang Musi. Setelah Johar dan Aji mendatangi pondok korban sehingga ketiganya terlibat ribut mulut dan berakhir dengan duel berdarah karena menggunakan senjata tajam.



Sukarman yang awalnya memberikan perlawanan, akhirnya kalah karena menghadapi lawan dua orang. Hingga akhirnya melarikan untuk mendapatkan pertolongan,warga sekitar yang mengetahui kejadian membawa Sukarman kedesa untuk dibawa ke RSUD Kepahiang. Setelah mendapat perawatan medis sementara, akhirnya Sukarman dilarikan ke RSUD M Yunus untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut. “Ceritanya kalau tidak melarikan diri, bisa mati Bakwo (Sukarman). Informasinya lawannya (Jahor dan Aji) datang kepondok kebun Sukarman, ketiganya ribut di sana,” ungkap Jhon (31), warga sekitar.

Menurut Jhon, desas desus yang beredar perkelahian terjadi antaranya ketiga warga yang masih bertetangga kebun itu, karena persoalan batas kebun.  “Infonya batas kebun, tapi tidak tahu siapa yang gesernya,” tuturnya.  Usai kejadian sekitar pukul 16.00 WIB, Samiana (53) warga Gang Serumpun Kelurahan Pasar Ujung Kecamatan Kepahiang melaporkan peristiwa berdarah di perkebunan kopi Desa Air Selimang Kecamatan Seberang Musi ke Polsek Kepahiang.

Untuk diketahui Kecamatan Seberang Musi belum memiliki Polsek. Sehingga masih berada diwilayah hukum Polsek Kepahiang. Dalam laporannya, pelapor menyebutkan identitas terduga pelaku pembacokan terhadap Sukarman, bernama Johar (53) dan Aji (27) waga Desa Air Selimang Kecamatan Seberang Musi.

Kapolres Kepahiang, AKBP Pahala Simanjuntak SIK dan jajaran belum bersedia memberikan keterangan terkait dengan keributan berdarah di Desa Air Selimang. Pesan singkat yang dikirim ke handphone Kapolres, Kasat Reskrim dan Kapolsek belum mendapatkan konfirmasi balasas. Sehingga penjelasan pasti kasus pembacokan tersebut belum didapati. (320)