Petani Keluhkan Hama


Ari, Tampak salah seroang petani di kabupaten Rejang Lebong sedang melakukan pemupukan disawah miliknya dikawasan Talang Benih Curup (1)TETAP, BE
– Para petani di Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur khususnya, saat ini mengeluhkan hama binatang liar seperti babi dan monyet yang kerap menyerang perkebunan mereka. Sebab keberadaan hama binatang liar ini membuat petani kewalahan.

“Bisanya hama babi datang ke kebun malam hari. Pagi-pagi tanaman karet kami sudah rusak, bibit karet yang masih mudah dicabut dan bijinya dimakan binatang liar itu,”keluh Yadi (43) salah satu petani Kecamatan Tetap kemarin.

Dikatakannya, biasanya tanaman karet yang masih berusia dibawa satu tahun sering dimakan babi hingga tanaman rusak. Sementara hama monyet mengambil daun karet mudah sehingga membuat pertumbuhan tanaman menjadi kerdil. Untuk mengatasi itu para petani sekitar menebarkan anti pengusir binatang tersebut di kebun mereka. Dengan harapan mampu mengusir hama babi.

“Inilah cara kami kalau mengusir babi malam hari. Kalau siag kerap membawa senampan angi untuk mengusir monyet,”ujarnya.

Senada juga dikeluhkan Zulin (36), petani sekitar, ia mengaku banyak nya hama babi membuat dirinya rugi. Sebab hasil tanaman tersebut rusak sehingga tidak bisa hidup dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebut ia berusaha memagar kebunnya dengan kawat.

“Kadang sudah kita kadang, tapi masih juga dirusak sama babi itu. Kami sendiri sudah kuwalahan mengusirnya, kami berharap pada pemerintah bisa mengatasi masalah ini,” harapnya.(618)