Petani Belum Terima Bantuan Benih

BANTUAN benih padi pada lahan kering bagi kelompok tani di Rejang Lebong belum juga teralisasi, meski seharusnya petani sudah harus menerima bantuan benih dari PT Hidayah Nur Wahanah (HNW) tersebut pada November lalu. Akibatnya para petani penerima bantuan hingga saat ini belum bisa melakukan aktifitas penanaman padi. Bahkan, lahan yang seharusnya telah menghasilkan hingga saat ini terbengkalai begitu saja

Terkait kabar tersebut, Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kab. Rejang Lebong, Ir . Redha Kusmartono membenarkan bahwa bantuan tersebut belum di terima petani hingga saat ini. “Untuk padi lahan kering belum sama sekali di salurkan,” kata Redha .

Kelompok tani penerima bantuan tersebut, kata Redha, berjumlah sebanyak 20 kelompok tani yang tersebar di beberapa kecamatan, dengan total seluruh lahan yang akan ditanami benih bantuan itu seluas 500 ha. “Memang seharusnya bantuan itu sudah diterima semua oleh petani. Tetapi, kami mendapat kabar dari pusat beberapa waktu lalu bahwa PT HNW mendapatkan perpanjangan waktu pengadaan hingga 15 Desember mendatang,” kata Redha .

Redha menegaskan, tidak dibenarkan jika PT HNW menggantikan benih bantuan dengan uang kepada petani untuk dibelikan benih kembali. “Setahu kami, bentuk bantuan yang harus di berikan kepada 20 kelompok tani ini harus berupa benih bukan uang. Jadi tidak di benarkan jika petani membeli sendiri benih tersebut,” kata Redha.

Sementara itu, Leader Area Bengkulu PT HNW Untung menerangkan, pihaknya optimis dapat menyelesaikan penyaluran benih unggul tersebut. Sebab, masih ada waktu yang tersisa untuk melaksanakan pekerjaan tersebut. “Maklumlah pak, yang kami Drooping tidak hanya Rejang lebong, tetapi seluruh Kabupaten Rejang Lebong,” tegas Untung belum lama ini. (999)