Petahana Mencari Pendamping

=Foto Rohidin Mersyah

Rohidin: Yang Penting Sejalan

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Rohidin Mersyah sebagai calon Gubernur Bengkulu petahana masih merahasiakan kriteria bakal colon wakil gubernur yang akan mendampinginya dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bengkulu tahun depan. Menurut Rohidin, balon wakil itu yang penting bisa sama-sama sejalan dengan dirinya ketika terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur mendatang.”Yang penting sama-sama sejalan saja,” elak Rohidin, kemarin (14/10).

Terkait pengaruh suku, Rohidin yang bersuku Serawai tentu akan mengincar tokoh dari Rejang. Hanya saja, masih belum ditentukan siapa yang bakal akan mendampinginya. Soal perempuan ataupun laki-laki, menurut Rohidin, itu sama saja, asalkan bisa sejalan. “Perempuan, laki-laki sama saja,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk berkoalisi, ia mengaku biarkan proses politik tersebut mengalir hingga akhirnya mendapatkan parpol koalisi. Karena untuk Partai Golkar yang dinaunginya memiliki 7 kursi, hanya tinggal membutuhkan dua kursi lagi dari.



“Belum ada koalisi. Kita kan masih membuka pendaftaran. Parpol lain juga masih buka pendaftaran,” tutur Rohidin.
Parpol lainnya terus dikomunikasikan agar bisa berkoalisi dengan parpolnya. “Komunikasi masih jalan terus,” ungkapnya.

Di sisi lain, penantangnya mantan Gubernur Bengkulu, Agusrin M Najamudin terus menjajaki parpol untuk mendapatkan dukungan. Sejauh ini tim Agusrin sudah mengambil formulir pendaftaran ke 6 parpol. Diantaranya Golkar, Nasdem, Hanura, PDI Perjuangan, Gerindra, dan PAN.

“Kami dari tim LO Pak Agusrin sudah mengambil formulir pendaftaran ke 6 parpol. Seperti hari ini (Kemarin, red) mengambil formulir ke PAN. Tapi yang sudah dikembalikan baru formulir PDI Perjuangan,” jelas LO Agusrin, Hendra Kusman.

Meskipun sudah mendaftar di 6 Parpol, Hendra menuturkan, sejauh ini Agusrin masih memiliki 2 pilihan jalan maju Pilgub dan Pilwagub. Yakni dari jalur parpol dan jalur independent. Karena tim Agusrin sudah menyiapkan 200 ribu KTP dukungan sebagai syarat maju melalui jalur independen.

“Ya kita punya 2 opsi yakni jalur parpol dan jalur independen. Sampai sekarang, tim kita tetap mempersiapkan kedua jalur yang nanti kemungkinan ditempuh. Kan nanti akan dievaluasi, jalur mana yang lebih mudah bagi Pak Agusrin maju sebagai Calon Gubernur,” bebernya.

Sementara itu, mantan Sekjen Partai Nasdem, Patrice Rio Capella juga sudah mengambil formulir pendaftaran Balon Kada ke 6 parpol. Diantaranya Golkar, Nasdem, Hanura, PDI Perjuangan, Gerindra, dan PAN. Tim LO Rio Capella, Yuwiono Pentadi memastikan Rio Capella maju lewat jalur Parpol. Bahkan saat ini sudah mengambil formulir pendaftaran Balon Gubernur Bengkulu untuk Rio Capella di kantor DPW PAN Bengkulu.

“Kalau Pak Rio dipastikan akan maju lewat jalur Parpol. Ya kita akan mendaftar di semua Parpol yang membuka penjaringan. Sudah 6 Parpol yang kita ambil formulir pendaftaran, 1 diantaranya yakni PDIP itu sudah kita kembalikan. Pak Rio tidak maju lewat jalur Independen,” ungkap Yuwiono.

Disinggung mengenai berapa target Parpol yang akan diambil Rio Capella untuk maju Pilgub Bengkulu, Yuwiono menerangkan, minimal 3 sampai 4 partai. “Ya semua partai akan kita ambil dulu formulir pendaftarannya. Termasuk ke depan partai yang akan membuka penjaringan. Ya kalau besok (Hari ini, red) PKB membuka penjaringan kita akan kesana ambil formulir untuk pak Rio Capella,” ungkap Yuwiono.

Disamping itu, Ketua Tim 5 Penjaringan Balon Cagub dan Balon Cawagub DPW PAN Bengkulu, Dedi Yanto mengatakan, PAN akan menjadi partai pengusung pada Pilgub dan Pilwagub Bengkulu tahun depan. Karena pada Pilgub dan Pilwagub 2015 lalu, PAN hanya menjadi partai pendukung. “Kita pastikan akan jadi partai pengusung dan kita ingin mengusung calon yang ingin menang,” tandas Dedi Yanto. (151)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*