Pesta Pernikahan di Bengkulu Utara Terus Meningkat

APRIZAL/BE
Kepala KUA Arga Makmur, Senno SPd SHI

ARGA MAKMUR, bengkuluekspress.com – Angka pernikahan di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) untuk diawal tahun 2021 ini mengalami peningkatan. Sedangkan hingga tanggal 20 Januari, angka kasus positif Covid-19 mencapai 258 kasus. Kepala KUA Arga Makmur, Senno SPd MHI membenarkan hal tersebut. Dimana untuk awal tahun ini di Kecamatan Arga Makmur tercatat setidaknya sudah ada 20 calon pengantin yang sudah mendaftar dan siap melaksanakan proses akad nikah di bulan ini.
“Ya, sudah cukup banyak, baik yang sudah melaksanakan baik yang baru akan melaksanakan dalam minggu-minggu ini,” kata Kepala KUA Arga Makmur, Senno.

Senno pun menmabahkan, meski mengalami peningkatan, pihaknya tetap menerapkan aturan ketat sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) BU maupun dari Kemenag BU. Yakni wajib memakai masker, hanya memperbolehkan prosesi akad nikah, hanya dihadiri oleh tidak lebih dari 10 orang dan protokol kesehatan (prokes) lainnya.
“Jika tidak sesuai dengan prokes, kami dari KUA tidak akan melayani prosesi akad nikah sampai prokes dipatuhi, seperti penggunaan masker dan sarung tangan yang sering diabaikan oleh calon pengantin,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Senno juga menuturkan, bahwa bukan hanya akad nikah saja namun juga pelaksanaan resepsi pernikahan lengkap dengan iringan musik, kendati dirinya mengaku tidak terlalu memahami hal tersebut karena itu sudah berada diluar kuasa pihaknya. Namun walaupun demikian, pihaknya tetap memberikan sosialisasi dan imbauan saja terkait tidak diijinkannya gelaran resepsi pesta pernikahan.
“Untuk pesta pernikahan kita hanya bisa memberikan sebatas imbauan dan sosialiasasi saja. Namun untuk lebih jauh, itu ranahnya tim satgas covid,-19,” pungkasnya.(127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*