Pesta Gol, Man City Gusur MU dari Puncak Klasemen Liga Inggris

Pesta gol Manchester City ke gawang Aston Villa, membawa kampium 2011 di Liga Inggris tersebut merasakan memimpin Liga Inggris.  Kemenangan 5-0 atas Aston Villa, dalam pertandingan lanjutan Premier League di Stadion Etihad, Sabtu (17/11).

Keunggulan tersebut membawa Manchester City meraih 28 point, unggul sementara dari Manchester United yang memiliki 27 point.  Persaingan rival satu kota ini akan semakin sengit, bila pada pertandingan dini hari nanti, Manchester United tidak mampu unggul saat bertandang ke Norwich City.

Sergio Aguero dan Carlos Teves masing-masing memborong 2 gol.  Gol penentu kemenangan Manchester City ke-5 diciptakan oleh Carlos Tevez di menit ke 74.  Sebelumnya, ia sukses mengeksekusi finalti ke gawang Aston Villa di menit ke-65.

Sementara rekan senegaranya, Sergio Aguero mencetak gol di menit ke 67 dan 53.  Gol pertama Aguero tercipta dari titik potih, setelah pemain  tamu melakukan handsball. Gol keduanya, berasal dari tendangan datar yang sempat mengenai pemain lawan, dan   bola tak dapat dijangkau Guzan.

Sebelumnya, Manchester City telah unggul melalui gol yang diciptakan David Silva di menit ke-43. Sepakan Tevez masih dapat diblok dan bola rebound mengarah ke kaki Silva, dan pemain internasional Spanyol itu pun langsung menerjangnya tanpa bisa dicegah Guzan.

Bermain di kandang, City tampil menekan sejak menit-menit awal. Carlos Tevez membuka peluang di menit ke 6. Namun, bola sundulannya masih melayang tipis di atas mistar gawang tim tamu.

Sepanjang paruh pertama, City masih mengendalikan permainan. Namun, Villa bukan tanpa ancaman. Pada menit ke-19, kiper Joe Hart harus berusaha keras mengamankan gawangnya dari sundulan akurat Christian Benteke, memanfaatkan umpan silang Enda Stevens.

Hingga memasuki menit-menit akhir, City yang dimotori Samir Nasri terus mencoba membongkar pertahanan Villa. Tiga menit menjelang turun minum, Silva berhasil membuka keunggulan City setelah berhasil menceploskan bola memanfaatkan kemelut di dalam kotak penalti tim tamu.(**)