Pesona Wisata Bengkulu Unik

BENGKULU, BE – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu memuji keindahan wisata di Bengkulu. Ia menyebutkan Pantai Panjang sangat unik memiliki pesona wisata alam dengan panjang mencapai 7 kilometer. “Pantai Panjang unik. Baru kali ini saya melihat pantai dengan vegetasi cemara yang rapi di pinggir pantai. Ini ciri yang bisa menarik wisatawan,” katanya. Ia mengatakan pesona kawasan wisata pantai Panjang itu harus ditata semi ekowisata. Penataan pedagang dan penginapan dengan standar yang sesuai, menurutnya harus menjadi perhatian pemerintah daerah. “Penting ada zonasi, di mana pedagang, lokasi rekreasi dan tempat khusus untuk menggelar event,” katanya.

Menteri mengatakan lokasi pelaksanaan berbagai event menurutnya sudah tersedia di pusat kegiatan olahraga yang menyediakan lapangan untuk panggung terbuka. “Panggung tertutup juga sudah tersedia. Baru dibangun tahun lalu dan sudah bisa dipergunakan. Ini potensi yang baik untuk menggelar berbagai event regional, nasional bahkan internasional di sini,” kata Marie. Selain keunikan pesisir pantai tersebut, ia juga mengungkapkan kekaguman terhadap perawatan beberapa peninggalan sejarah Bengkulu. Keberadaan sejumlah peninggalan bersejarah yang membuktikan Bengkulu pernah menjadi bagian dari pemerintahan Inggris. “Ditambah lagi sejarah perjuangan bangsa yang ditorehkan Bung Karno di sini hingga sebagai tempat kelahiran Ibu Fatmawati,” tambahnya. Menparekraf juga menyempatkan mengunjungi Benteng Marlborought dan rumah peninggalan Bung Karno. Ia terkesima dengan wisata bersejarah tersebut. “Potensi wisata di Bengkulu ini sangat bagus sekali. Karena itu harus segera dikembangkan,” ujarnya. Ia berjanji akan mempelajari potensi-potensi wisata yang ada di Bengkulu. Sehingga potensi wisata ini bisa dikembangkan secara nasional. “Kita akan pelajari beberapa hal, Termasuk festival tabot . Karena wisata budaya dan religi ini juga sangat menarik dikembangkan,” katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bengkulu Darrussalam mengatakan kawasan wisata Pantai Panjang memang diproyeksikan sebagai salah satu objek wisata andalan Bengkulu. “Wisata alam Pantai Panjang dan wisata sejarah menjadi modal pengembangan pariwisata Bengkulu,” katanya. Untuk menunjang hal tersebut, pemerintah Provinsi Bengkulu terus meningkatkan penghijauan kawasan itu sehingga tetap hijau dan lestari. Selain itu, penambahan fasilitas yakni panggung tertutup di kawasan tersebut yang memungkinkan untuk menggelar berbagai kegiatan. (100)