Pesona Ritual Dalam Keragaman Budaya Pada Festival Tabut 2019

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Gemuruh tabuhan alat musik teradisional Bengkulu, dol dan nyala kembang api menandai telah dimulainya festival Tabut Bengkulu, 2019, yang acara pembukaannya digelar di lapangan Merdeka Tugu View Tower, Kota Bengkulu, Sabtu malam (31/8). Acara pembukaan kegiatan tahunan setiap 1 hingga 10 Muharram itu berlangsung memukau dengan pertunjukan seni tari dan musik itu mampu menghibur dan membuat ribuan penonton yang hadir berdecak kagum.

Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah membuka yang mendalat gelarbRajo Agung ll dari masyarakat Bengkulu, membuka event tahunan tersebut secara resmi. Dalam sambutannya Rohidin berharap ditahun ini perayaan Festival Tabut tidak hanya sebatas tampilan budaya, dengan karya dan bermakna. Festival Tabut kali ini juga diperkaya dengan budaya dari mancanegara. Ada tampilan dari 9 kabupaten satu kota yang ada di Provinsi Bengkulu, termasuk tampilan dari sanggar seni yang ada di daerah ini.

“Kegiatan ini sudah menjadi tradisi bahkan identitas Bengkulu. Festival Tabut pun masuk Top 30 Callender Of Event Kementerian Pariwisata RI” ujar Gubernur Bengkulu.

Festival Tabut 2019 yang berlangsung selama 10 ini menampilkan berbagai macam kesenian, serta musik untuk meningkatkan kreativitas masyarakat Provinsi Bengkulu. Festival Tabut tahun ini mengangkat tema ‘Pesona Ritual dalam Keragaman Budaya’. Tema tersebut diambil dalam upaya mengenalkan berbagai keragaman potensi budaya, pariwisata dan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal.

Gubernur menambahkan, event ini semakin semarak, semakin kaya nilai budaya, diiringi dengan pelibatan pelaku ekonomi yang semakin kuat dan besar. Sehingga gerak ritual budaya mampu mempercepat akselerasi ekonomi dan pembangunan di Provinsi Bengkulu.

Staf Ahli Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti, menyampaikan mengapresiasi festival Tabut yang semakin baik dari tahun. Butuh dukungan dan partisipasi semua pihak agar festival Tabut kembali masuk dalam calender event kementerian pariwisata 2020.

“Sangat bahagia Tabut tahun ini, begitu meningkat, tempatnya bertambah bersih. Semoga kedepannyaTabut kita lebih dari ini,” katanya.

 

Ketua Keluarga Kerukunan Tabut (KKT) Bengkulu, Syahril Syahboedin mengucapkan, terima kasih kepada Raja Agung ll, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang telah begitu mendukung sekali acara festival Tabut 2019 ini.

“Kita berharap kepada Gubernur Bengkulu agar memberikan anggaran tetap Untuk kegiatan festival Tabut Bengkulu,” harapnya. (HBN/ADV)