Pesona Bengkulu Rawat 263 Pasien HIV/AIDS

Pimpinan Pesona Bengkulu, Rinto Harahap

BENGKULU, BE – Yayasan Peduli Sosial Nasional (Pesona) Bengkulu hingga awal September 2020 telah merawat 263 orang pasien HIV/AIDS. Pasien ini berasal dari berbagai kalangan, mulai dari ibu rumah tangga (IRT), pekerja seks komersil (PSK), hingga waria dan kelompok LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender).

“Sepanjang 2020 ini, Pesona menangani pasien HIV/AIDS sebanyak 263 pasien dari berbagai kalangan,” ujar Pimpinan Pesona Bengkulu, Rinto Harahap saat diwawancara BE, Kamis (3/9).

Untuk penularan dari 263 pasien HIV/AIDS tersebut, Rinto menjelaskan, sebagian besar ditularkan melalui hubungan seksual, penggunaan jarum suntik secara bersama dan transfusi darah.

Pesona telah bekerja sama dengan Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan untuk melakukan pengobatan 263 pasien ini. Dengan cara pemberian obat khusus dengan dosis sesuai dengan tingkat stadium setiap pasien. Obat yang diminum setiap harinya ini disediakan oleh pemerintah secara gratis yang disalurkan melalui Dinas Kesehatan.

“Pemberian obat khusus untuk pasien sesuai tingkat stadium, obat didapat secara gratis yang disalurkan oleh Dinas Kesehatan,” tambah Rinto.

Sebagai upaya untuk menurunkan potensi penularan HIV/ AIDS di Kota Bengkulu, lembaga yang berdiri sejak 2014 ini sering melaksanakan seminar yang mensosialisasikan bahaya HIV/AIDS, dan menggelar tes HIV/AIDS secara gratis sebagai upaya untuk menurunkan potensi penularan HIV/ AIDS di Kota Bengkulu.  (Mg2)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*