Peserta UN SMP/MTs 6.347 Siswa

ujian_UN_SD
foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Peserta ujian nasional (UN) 2019, tingkat SMP/MTS di Kota Bengkulu, tercatat sebanyak 6.347 peserta. Data peserta UN ini terus divalidkan. Sekolah pun telah diingatkan untuk mendata siswa kelas XII secara akurat. Jangan sampai ada siswa tidak terdaftar. Karena begitu data peserta UN dinyatakan tetap tidak bisa lagi menambah peserta.

”Peserta UN tingkat SMP diikuti 3.302 orang. Dengan rincian 1.709 perempuan dan siswanya 1.593 laki-laki. Ini baru data sementara. Sebelum dinyatakan sebagai dara tetap masih kita lakukan verifikasi. Ada beberapa sekolah sudah mengusulkan perubahan data,” ungkap Ketua Panitia UN Dinas Pendidikan dan Kebudyaan (Dikbud) Kota Bengkulu, Huteman kepada Bengkulu Ekspress kemarin (9/1).

Huteman menambahkan, Dinas Dikbud, masih merekapitulasi data sekolah penyelenggara UN tingkat SMP/MTs se-Kota Bengkulu. Untuk penyelenggara UN berbasis komputer maupun berbasis kertas dan pensil.  “Kita belum memfinalkan jumlah lembaga penyelenggara UN. Terlebih sekolah yang melaksanakan UN berbasis komputer,” ungkapnya.

Berdasarkan data rekap sekolah status pelaksana UN di Kota Bengkulu tingkat SMP/MTs. Diketahui ada 21 lembaga sekolah yang menyelenggarakan UN secara mandiri. Dua lembaga menginduk ke sekolah lain. Sementara penyelenggara UN tingkat MTs sebanyak 8 sekolah.  “Di Kota Bengkulu, pelaksanaan UNBK belum bisa 100 persen. Baru dilaksanakan di 31 sekolah, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta,” ungkapnya.

Kekurangan sarana dan prasarana, seperti komputer dan jaringan menjadi salah satu alasan sekolah belum siap dalam melaksanakan ujian berbasis komputer. Meski UNBK itu semi online pelaksanaan ujiannya tidak menggunakan internet secar penuh.  Walaupun begitu, Dinas Dikbud tidak ingin memaksakan sekolah harus melaksanakan UNBK. Terlebih pemerintah masih memberikan kelongaran dengan adanya pelaksanaan ujian nasional berbasis kertas.  (247)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*