Peserta TTGN Disambut Hangat, Menteri Eko Apresiasi Gubernur Rohidin

Walikota Madiun: Bengkulu Luar Biasa, Peserta Dilayani dengan Baik

Bengkuluekspress, Bengkulu – Apresiasi tinggi disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Mendes PDTT RI), Eko Putro Sandjojo atas pelaksanaan Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) ke-XXI di Provinsi Bengkulu, 2019. Menurutnya, dibawah pimpinan Gubernur Rohidin Mersyah, Pemprov Bengkulu telah sukses sebagai tuan rumah, ditandai dengan ramainya peserta dan berlangsung tertibnya rangkaian kegiatan pembukaan TTGN ini.

Lanjut Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo, kesediaan Bengkulu menjadi tuan rumah TTGN ke-XXI menunjukkan Provinsi Bengkulu, memang telah siap menjadi daerah maju dan terus berkembang. Selain itu, kesuksesan Bengkulu sebagai tuan rumah setidaknya bisa menjadi contoh bagi provinsi lain di Pulau Sumatera.

“Karena, Bengkulu ini di tengah Sumatera, jadi daerah di Sumatera bisa belajar juga dari Bengkulu ini. Ini kan hadir dari seluruh Indonesia juga, itu juga kebetulan waktu TTG di Bali yang lalu, Bengkulu juga volunteer menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah. Jelas ini sangat sukses,” ungkap Mendes PDTT Eko P Sandjojo usai membuka resmi TTGN Ke-XXI di Provinsi Bengkulu, di Sport Center Kota Bengkulu, Ahad (22/09).

Selain itu, lanjut Menteri Eko, komitmen Gubernur Bengkulu dan para bupati/walikota se-Provinsi Bengkulu, membeli dan memanfaatkan Mobil Esemka yang merupakan buatan anak negeri ini, membuktikan pemerintah di Bengkulu mendukung hasil karya anak bangsa dan menjaga eksistensi produk unggulan daerah.

“Saya juga senang di sini juga penting untuk menekankan kecintaan terhadap produk Indonesia. Mungkin belum sempurna benar, teapi kalau bukan kita yang mencoba siapa lagi. Dengan adanya ini semua bisa pakai. Tadi contohnya Pak Gubernur, Provinsi Bengkulu ini semuanya sepakat setiap bupati/walikota sepakat membeli mobil Esemka. Nanti ada kerjasama dengan Bumdes dengan Esemka sehingga Bumdes bisa menjadi tempat perawatan mobil Esemka,” pungkasnya.

Apresiasi tinggi juga disampaikan Walikota Madiun Maidi. Menurutnya, TTGN di Bengkulu ini luar biasa. Mulai dari persiapan hingga pelaksanaannya, semua berjalan lancar tanpa ada kendala berarti, serta semua peserta TTGN juga dilayani dengan baik.“Jadi semua daerah puas, karena optimal sekali dan semua produk yang ditampilkan ada dari seluruh Indonesia. Inilah suatu bentuk event yang sangat membanggakan. Karena, bagi setiap daerah yang mungkin sudah maju atau belum atau ketinggalan di sinilah tempat mencari ilmu yang baru,” ungkap Maidi.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, tentu pertemuan ini semakin produktif, selain sebagai forum silaturahmi, juga sebagai wadah bertukar informasi, saling memotivasi dan memberikan inspirasi dalam berbagai karya pedesaan di wilayah kerja masing-masing.

“Saya kira kalau sudah datang ke Bengkulu, Kota kecil yang pernah menjadi persinggahan Bung Karno, nanti para peserta harus berkunjung ke Kediaman Bung Karno dan mencuci muka di Rumah Pengasingan Bung Karno,” jelas Gubernur Bengkulu. (Rls Media Center Pemprov Bengkulu).