Peserta TTG Kunjungi Kabawetan

Doni/Bengkulu Ekspress
Penyerahan cindera mata dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang kepada perwakilan peserta TTG.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress– Ratusan peserta ekspose Teknologi Tepat Guna Nasional ke-XXI Provinsi Bengkulu mengunjungi objek wisata perkebunan Teh Kabawetan Kepahiang. Kedatangan tamu widya wisata dari seluruh daerah di Indonesia tersebut berlangsung, Selasa (24/9), dan langsung disambut Bupati Kepahiang, Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM IPU.

Penyambutan peserta berlangsung di venue Mountain Valley Festival (MVF) Desa Sidorejo Kecamatan Kabawetan Kepahiang. Penyambutan secara adat dipimpin oleh Bupati Kepahiang, Wakil Bupati Kepahiang, FKPD Kepahiang, Sekda Kepahiang serta Kepala OPD di lingkungan Pemda Kepahiang.

Kasubdit TTG Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Anastutik Wiryaningsih dalam sambutannya menjelaskan, bahwa tujuan widya wisata di kabupaten ini adalah memberikan pemahaman dan wawasan kepada peserta mengenai pengelolaan sumber daya alam melalui pemanfaatan teknologi tepat guna. “Semoga bisa diterapkan oleh peserta widya wisata didaerahnya masing-masing,” harap Anastutik.

Ditambahkan Anastutik, peserta juga dapat belajar dari masyarakat kabupaten Kepahiang tentang pemberdayaan masyarakat desa melalui Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek).“Dengan sentuhan teknologi dari Posyantek dapat mempermudah peserta dalam pengolahan sumber daya alam yang disesuaikan dengan kearifan lokal,” sampai Anastutik.



Bupati Kepahiang berharap, kepada peserta TTG Nasional dapat membawa, kesan yang baik dari Kabupaten Kepahiang. “Kami juga berharap terjadinya kerjasama antara peserta dengan masyarakat kabupaten Kepahiang dan dapat saling tukar menukar informasi serta inovasi terkait TTG,” sampai Bupati.

Tak lupa, Bupati juga mempersilahkan, para peserta untuk menikmati pemandangan kebun teh Kabawetan sembari menikmati sajian kopi khas Kepahiang yang terdapat di Booth Kampoeng Kopi. “Nanti silahkan peserta mencicipi kopi khas Kepahiang yang terkenal dengan panorama kebun teh kabawetan dan jangan lupa membawa oleh-oleh khas Kepahiang yang ada distand-stand pameran di area Mountain Valley festival ini,” tutup Bupati.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sesi penyerahan secara simbolis cinderamata dari kabupaten Kepahiang kepada peserta TTG. Peserta TTG juga dipersilahkan meninjau stand-stand pameran diarea MVF dan melihat Posyantek milik pak Eko di desa Sidorejo Kabawetan Kepahiang. (rls)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*