Peserta Terbaik Dikirim ke Nasional

Jambore
IST/Bengkulu Ekspress
Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah foto bersama pengurus TP PKK Provinsi Bengkulu usai membuka Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi di halaman kantor BPSDM Bengkulu, Senin (16/7).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA membuka jambore Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Provinsi Bengkulu, kemarin (16/7). Semua PKK tingkat kabupaten/kota mengirimkan perwakilannya untuk menampilkan atraksi jambore. Berbagai aktraksi yang dipertunjukkan mulai dari menari, berpuisi hingga menampilkan alat musik dari alat rumah tangga.

Rohidin mengatakan, PKK kabupaten/kota nantinya akan dinilai untuk mendapatkan terbaik untuk dikirim ke nasional guna mengikuti jambore tingkat nasional.

“Yang menjadi terbaik akan menjadi perwakilan Bengkulu untuk tingkat nasional,” terang Rohidin kepada BE usai membuka Jambore PKK Tingkat Provinsi di halaman Kantor BPSDM Bengkulu, kemarin (16/7).

Untuk itu, dalam penilaian tim juri diminta memberikan nilai secara objektif. Tunjukkan penampilan terbaik, sehingga ketika menang akan menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi tim.  “Penilaian harus objektif,” tambahnya.  Jambore PKK ini sendiri akan digelar selama dua dan selesai hari ini.

Menurut Rohidin, kemenangan sebuah tim bukan menjadi tujuan utama. Sebab, yang paling diutamakan dalam jambore PKK adalah keluarga sejahtera.  “Untuk apa memang, kalau keluarga tidak sejahtera,” tutur Rohidin. Dikatakan, keluarga sejahtera itu jika 3 hal pokok dapat terpenuhi. Seperti, badan sehat termasuk batinnya, pemikiran cerdas atau berpendidikan dan mempunyai daya beli cukup untuk memenuhi kebutuhaan ekonomi keluarga. “Untuk mewujudkan itu, maka program PKK itu harus direalisasikan,” tegasnya.

Sementara itu, Plt Ketua Penggerak PKK Provinsi Bengkulu, Derta Wahyulin menegaskan, pengiriman perwakilan PKK dari Provinsi Bengkulu akan diseleksi cukup ketat. Karena ditargetkan jambore PKK perwakilan Bengkulu bisa mengharumkan nama Bengkulu di tingkat nasional. “Target kita terbaik dari yang baik,” ungkap Derta.

Menurutnya, memang target menjadi yang terbaik bukanlah yang utama. Karena yang utama adalah mampu mewujudkan keluarga sejahtera, sesuai dengan program pokok yang ada di PKK.



“Kita ingin melahirkan kader yang hadal untuk keluarga sejahtera. Sehingga program yang ada bisa dirasakan oleh masyarakat luas,” tegasnya.

Disamping itu, jambore ini juga sebagai wadah untuk bersilahturahmi, menambah jaringan, bertukar pengetahuan serta pengalaman. “Ini yang inti. Dengan meningkatkan wadah kebersamaan sarta silahturahmi, maka apapun yang menjadi persoalan keluarga sejahtera bisa diatasi secara bersama,” pungkas Derta. (151)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*