Peserta Rakor Gubernur se-Sumatera Diagendakan Teken Piagam Rafflesia

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Provinsi Bengkulu, bakal kedatangan tamu penting dari seluruh wilayah Pulau Sumatera. Orang nomor satu di semua provinsi yang ada di Pulau Sumatera, berkumpul menjadi satu di Provinsi Bengkulu, untuk melakukan Rapat koordinasi (Rakor) Gubernur se-Sumatera, pada 8 Juli hingga 10 Juli mendatang. yang dipusatkan di Grage hotel Bengkulu. Menariknya peserta yang hadir diagendakan menandatangani piagam Rafflesia.

Hal itu diungkapkan Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, S.Sos saat diwawancarai Bengkuluekspress.com, Kamis (4/7). “Pak Gubernur menginginkan rakor gubernur se-Sumatera, yang Bengkulu jadi tuan rumahnya, harus beda dengan rakor gubernur sebelumnya. Beliau ingin fenomenal ya, makanya nanti kita buatkan semacam MoU atau piagam.

Kalau beliau mengusulkan nanti diberikan semacam piagam Rafflesia. Itu memuat beberapa komitmen penting atau kesepakatan rakor gubernur Sumatera untuk memajukan pembangunan Pulau Sumatera maupun masing masing provinsi yang ada di wilayah Sumatera,” terang Isnan Fajri diruangannya, Kamis (4/7).

Diharapkan, lanjut Isnan, materi yang disampaikan nanti menyumbang materi dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJM Daerah) 2019-2024 secara nasional. Karena momentumnya dinilai sangat pas sekarang melakukannya.

“Untuk kesiapan terakhir rakor tersebut, kita (Pemprov Bengkulu) sudah melakukan tiga kali rapat besar. Terakhir rapat yang langsung Bapak Sekretaris Daerah mengevaluasi persiapan terakhir rakor itu. Semua seksi setelah menyampaikan tanggung jawab kerja masing-masing seksi. Kalau kita hitung semua persiapan itu itu sudah 80 persen sisanya itu karena memang waktunya,”pungkasnya.

Rencananya, Rakor Gubernur se-Sumatera yang digelar setiap tahun itu dibuka langsung Menteri PPN/Kepala Bappenas RI, Bambang Brodjonegoro.“Pak Menteri sudah dijadwalkan hadir untuk membuka acara. Sekaligus sebagai keynote speaker nantinya,” ujar Isnan.

Dalam rakor tersebut, para gubernur membahas berbagai hal tentang isu ekonomi, pembangunan, politik, keamanan hingga kemajuan Pulau Sumatera khususnya Indonesia. Sebab, dalam rakor tersebut telah diputuskan dengan tema peningkatan peran Pulau Sumatera dalam percepatan pembangunan ekonomi nasional. Dengan adanya acara tersebut, tentunya menjadi hal positif untuk Provinsi Bengkulu. Sebab, rakor gubernur itu juga sekaligus acara promosi wisata di Provinsi Bengkulu. “Pesertanya estimasi yang hadir bisa sampai 300 orang yang tentunya berampak ekonomi masyarakat berjalan pesat,”tutupnya. (HBN)