Peserta PPPK di BU Sudah Bisa Cek Lokasi Ujian

Kepala Dispendik BU, Agus Haryanto

ARGA MAKMUR,bengkuluekspress.com – Pelaksanaan ujian komptensi bagi peserta Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) tinggal mengihitung hari. Sebab untuk pelaksanaan ujian peserta PPPK tersebut dimulai tanggal 13 hingga 17 September 2021 mendatang.
Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Agus Haryanto saat ditemui BE, Jumat (10/9) mengatakan, bahwa sesuai dengan surat pengumuman yang diterima dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tanggal (9/9) tentang ketentuan pelaksanaan kompetensi tahap 1 ASN-PPPK 2021. Peserta dapat mengecek lokasi ujian melalui akun masing-masing di https://sscasn.bkn.go.id/.
“Ya, mulai tanggal (9/9) kemarin peserta sudah dapat mengecek lokasi ujian melalui akun masing-masing di https://sscasn.bkn.go.id/,”kata Agus.

Ditambahkannya, dalam akun sscasn masing-masing peserta akan ditampilkan lokasi ujian beserta tempat yang digunakan untuk mencetak kartu peserta ujian. Di laman tersebut ada di mana tempat uji kompetensi tempat peserta akan melakukan ujian dan mencetak kartu pesertanya melalui akun tersebut. Untuk di Kabupaten BU sendiri terdapat 1.345 peserta yang akan mengikuti ujian seleksi komptensi ini untuk memperebutkan 564 formasi. Untuk lokasi ujian sendri berlokasi di dua tempat yakni SMKN 2 BU dan SMAN 2 BU.
“Dalam laman tersebut ada di mana tempat uji kompetensi tempat peserta akan melakukan ujian dan mencetak kartu pesertanya melalui akun tersebut. Namun yang paling penting seluruh peserta ujian diwajibkan untuk melakukan tes antigen untuk membuktikan bahwa dirinya negatif dan untuk swab antigen gratis,”ungkapnya.

Disisi lain, Kepala SMAN 2 BU Drs Kaman mengatakan, bahwa pihaknya menjadi salah satu tempat lokasi ujian kompetensi PPPK ini menyampaikan, untuk sejauh ini pihaknya sedang mempersiapkan segala sesuatu terkait teknis dalam pelaksanaan ujian kompetensi ini, mulai dari ruangan, Komputer dan Server.
“Untuk saat ini kita sedang mempersiapkan segela sesuatunya, mulai ruangan, Komputer serta server. Untuk uji cobanya akan kita laksanakan hari Minggu (12/9)

Lebih lanjut, Kaman menuturkan, bahwa untuk ruangan pihaknya menyiapkan 3 ruangan dimana tiap ruangan berisikan 30 unit komputer dan 1 unit server. Untuk jumlah komputer pihaknya siapkan 99 unit komputer termasuk cadangan, begitu juga server siap 4 server satu cadangan. Ketika disinggung terkait dengan masalah listrik, dimana hal ini menjadi permasalahan atau trouble setiap pelaksanaan ujian, dirinya mengakui pihaknya telah menyiapkan 3 unit genset. Namun terkait dengan pihak PLN, hal tersebut ranah pihak Dispendik, karena pihaknya hanya mengurusi masalah teknis, kalau masalah eksternal itu pihak Dispendik.
“Untuk ujian komptensi sedang kita persiapkan semua, dan akan kita diuji coba H-1 sebelum ujian. Mudah-mudahan pelaksanaan tes nantinya tidak ada kendala suatu apapun,”tukasnya.(127)