Peserta PCTA Membludak

Penyematan tanda peserta lomba diskusi PCTA (Parade Cinta Tanah Air), yang diselenggarakan di hotel Ananda,
1. Endang/Bengkulu Ekspress
Penyematan tanda peserta lomba diskusi PCTA (Parade Cinta Tanah Air), yang diselenggarakan di hotel Ananda, kemarin (23/7).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Peserta Lomba Diskusi Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tingkat SMA/SMK se-Provinsi Bengkulu, 2018, membludak. Kegiatan yang dipusatkan di Hotel Ananda, pada Senin (23/7) ini mengangkat tema ” Wujudkan Generasi Muda Anti Narkoba dan Cinta Tanah Air” diikuti sebanyak 44 tim.

“Ini luar biasa. Animo pelajar mengikuti kompetisi diluar prediksi, yang tadinya ditargetkan hanya 30 tim, pendaftar mencapai 44 tim,” ungkap Kepala Wilayah Kementerian Pertahanan Bengkulu Kolonel Laut (PM) Syahril Bakri SH.MAP, MH.

Panitia harus kerja super ekstra untuk menyeleksi dari 44 tim perwakilan sekolah hadir dalam pembukaan kegiatan itu. Aula hotel Ananda pun penuh sesak. Bahkan sebagian peserta dan guru pendamping terpaksa menanti pelaksanaan pembukaan di luar aula.  Para peserta tersebut bakal dicetak menjadi generasi yang cinta tanah air, dan menjadi duta melawan narkoba, sehingga kedepan terbentuk pemimpin yang hebat dan memiliki jiwa membela negara Indonesia

Para pelajar itu juga diajak tetap menjaga persatuan dan kesatuan, dengan mengisi kemerdekaan yaitu cinta tanah air dan bela negara Indonesia.  Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan M Daud Abdullah yang membuka kegiatan lomba PCTA ini mengatakan, dia sangat mengapresiasi dilaksanakanya lomba diskusi PCTA yang diselenggarakan dengan melibatkan kementerian Pertahanan tersebut.

Kegiatan itu, kata Daud, salah satunya mampu memfilterisasi pelajar dari pengaruh negatif, sekaligus menumbuhkan rasa nasionalisme yang takkan luntur.



“Sebagai generasi milenia kalau tidak punya filterisasi yang kuat, gampang dipengaruhi orang. Ibarat perempuan cantik semua orang naksir. Maka kalian harus dibekali nasionalisme yang kuat. Kalian (pelajar) harus menjadi agen informasi dan agen perubahan, kalian bersih dari narkoba dan radikalisme, jujur, disiplin “ujarnya.

Daud berpesan para peserta dapat mengikuti seleksi dengan tertib, dan mengikuti kegiatan ini dengan baik. (247)