Peserta KB Membludak

Diikuti 38 Ribu Warga

APRI/BE Kasrem 041/Gamas, Letkol Arh M Faturahman SIP, Kepala BKKBN Provinsi Bengkulu, Drs Busmar Edisaf MM, Bupati BU, Ir Mian dan pejabat lainnya foto bersama usai penutupan KB Kesehatan Tingkat Provinsi Bengkulu di Kelurahan Kemumu Kecamatan Arma Jaya, BU, kemarin (22/11).
APRI/Bengkulu Ekspress Kasrem 041/Gamas, Letkol Arh M Faturahman SIP, Kepala BKKBN Provinsi Bengkulu, Drs Busmar Edisaf MM, Bupati BU, Ir Mian dan pejabat lainnya foto bersama usai penutupan KB Kesehatan Tingkat Provinsi Bengkulu di Kelurahan Kemumu Kecamatan Arma Jaya, Bengkulu Utara, kemarin (22/11).

ARMA JAYA, BENGKULU EKSPRESS – Program KB Kesehatan yang melibatkan TMMD Korem 041/Gamas sejak April – November 2017 disambut antusias masyarakat Bengkulu. Buktinya, warga yang mengikuti program ini capai 38 ribu orang. Jenis KB yang cukup diminati mulai dari pemasangan implant, KB suntik, pembagian pil KB hingga vasektomi dan tubektomi.

“Sangat bagus hasilnya selama TNI Manunggal KB Kesehatan dilakukan se-Provinsi Bengkulu,’’ ujar Kepala BKKBN Bengkulu, Busmar Edisaf MM kepada Bengkulu Ekspress usai penutupan acara TNI Manunggal KB Kesehatan tingkat Provinsi di Kelurahan Kemumu Kecamatan Arma Jaya, kemarin (22/11).

Ia menambahkan kegiatan ini sebagai bentuk partisipasi aktif dari TNI dalam pembangunan, khususnya bidang kesehatan dan keluarga berencana (KB). Sehingga, akan berdampak positif bagi masyarakat, dengan keluarga kecil, kesejahteraan meningkat dan keamanan negara juga terjaga.

‘’Program seperti ini ke depan tentu akan lebih kita tingkatkan lagi. Karena berdasarkan hasil yang telah dipaparkan, memang membawa dampak positif bagi masyarakat,’’ ungkapnya.

Ia berharap kegiatan yang telah dicanangkan bersama TNI ini dapat dipertahankan. Kemudian juga membuat program baru dengan bekerjasama berbagai instansi dan elemen masyarakat guna mewujudkan pemerataan pembangunan dan kesehatan.

‘’Apa yang sudah ada harus dipertahankan, dan yang belum ada, harus kita lakukan ke depan agar terkontrolnya laju pertumbuhan penduduk demi pencapaian kesejahteraan,’’ terangnya.

Busmar juga menyampaikan, setelah penutupan kegitan TNI Manunggal KB Kesehatanini, pihaknya juga membuka KB Kesehatan bersama PKK. Kegiatan ini akan berlangsung hingga Desember 2017 mendatang. ‘’Memang untuk KB Kes bersama TNI berakhir. Tapi, kita membuka kegiatan KB Kesehatan bersama PKK. Program ini akan melibatkan seluruh kader PKK dari tingkat kabupaten dan kota, kecamatan, kelurahan hingga desa,’’ jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Bengkulu Utara (BU), Ir Mian juga memberikan apresiasi terhadap program TNI Manunggal KBtersebut. Karena Pemerintah Daerah (Pemda) BU, selain mewacanakan KB bersama TNI, juga melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

‘’Bantuan dan program yang kita lakukan juga harus tetap sasaran by name by address. Selain kegiatan TNI Manunggal KB Kes, kita juga melakukan TMMD. Tujuannya, tetap sama, membangun dan mensejahterakan masyarakat,’’ tuturnya. Terpisah, Kasrem 041/Gamas Bengkulu, Letkol Arh M Faturahman SIP menyebutkan, pelaksanaan TNI Manunggal KB Kes ini untuk dapat mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan memiliki daya saing. Sehingga, perlu pemberikan pemahanan dan aksi nyata langsung dilakukan terhadap masyarakat.

‘’Tujuan kegiatan ini dilakukan sebagai wujud partisipasi TNI dalam bidang pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Agar TNI dapat lebih dekat dengan masyarakat dan bersama-sama membawa perubahan menuju Indonesia yang lebih baik,’’ pungkasnya. (816)