Peserta Jkn-Kis Di Rumah Saja, Ada Chika Yang Bantu Beri Informasi

Narasumber : SARIJEM

Curup, Bengkuluekspress.com – BPJS Kesehatan sebagai Badan Hukum Publik yang diberikan amanah untuk menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tetap senantiasa berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia.

Di tengah wabah pandemi virus Covid-19 yang mau tidak mau memaksa masyarakat untuk melaksanakan physical distancing sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 ini, BPJS Kesehatan menawarkan beberapa sistem pelayanan informasi yang bisa diakses oleh peserta JKN-KIS dengan mudah tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

 

Jika selama ini peserta JKN-KIS bisa memanfaatkan fitur yang ada di aplikasi Mobile JKN atau dengan melakukan panggilan langsung melalui Care Center 1500 400, kini peserta JKN-KIS diberikan tambahan saluran informasi dengan mengaksesnya melalui CHIKA yang merupakan singkatan dari Chat Assistant JKN.

CHIKA merupakan pelayanan informasi melalui obrolan (chatting) yang akan direspon oleh suatu sistem kecerdasan buatan atau yang lebih dikenal dengan istilah Artifial Intelligence yang akan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh peserta JKN-KIS.

Sarijem (44) merupakan salah satu dari jutaan peserta JKN-KIS yang sudah membuktikan kemudahan penggunaan CHIKA.

“Mudah kok menggunakannya, ketik saja salam, nanti CHIKA langsung memberikan pilihan informasi apa yang mau kita tanyakan. Jawabannya juga cepat dan yang sudah pasti terjamin kebenarannya. Daripada kita tanya-tanya tetangga atau keluarga, jawabannya belum pasti benar,” ujarnya.

CHIKA dapat memberikan informasi terkait status kepesertaan dan tagihan iuran peserta, manfaat dan prosedur pelayanan kesehatan Program JKN-KIS, prosedur pendaftaran peserta Program JKN-KIS, prosedur dan ketentuan perubahan data peserta, lokasi fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, serta lokasi kantor BPJS Kesehatan.

“Jadi kalau misalnya kita mau tau tagihan iuran kita sekeluarga bisa langsung ditanyakan saja kepada CHIKA, kita nggak perlu repot-repot ke kantor BPJS Kesehatan. Apalagi dalam masa pandemi seperti ini, kalau nggak penting sekali nggak perlu keluar rumah. Di rumah saja kata pemerintah,” ujarnya.

CHIKA bisa diakses melalui chatting ke nomor 08118750400 melalui aplikasi Whatsapp dan Telegram (https://t.me/BPJSKes_bot) atau melalui Facebook Messenger BPJS Kesehatan. (RW/ds/Ril)