Peserta Harus Paham Aturan Nilai

Foto : Ist

ARGA MAKMUR,bengkuluekpress.com – Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi peserta tes CPNS Kabupaten Bengkulu Utara (BU) tinggal hitungan hari lagi. Maka peserta diminta mempersiapkan diri dengan baik.

“Ya, kita harapkan para peserta dapat mempersiapkan diri, karena SKD hanya hitungan hari lagi, yakni pada tanggal 10 dan 11 Februari ini di LPTIK Universitas Bengkulu,” kata Kepala BKPSDM BU, Setyo Budi Raharjo melalui Kasubbid Perencanaan Pegawai dan Informasi Data, M Taufieq Nur Hidayat.

Selain mempersiapkan diri, yang paling penting diketahui bagi perserta adalah aturan nilai yang harus didapatkan oleh para peserta, yakni untuk Tes Karakter Pribadi (TKP), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Intelegensi Umum (TIU). Untuk tes TKP minimal 126, sedangkan untuk tes TWK minimal 65 dan TIU minimal 80. “Artinya peserta dianggap tidak lulus jika tidak memenuhi standar nilai yang telah ditetapkan tersebut,” ujarnya.

Taufieq juga menjelaskan, para peserta harus mendapatkan angka minimal atau lebih di setiap tes tersebut. Walau peserta memiliki nilai global yang cukup tinggi, namun jika salah satu dari 3 item nilai tersebut tidak tercapai maka secara otomatis peserta tidak lulus. “Jadi ketiga tes tersebut para peserta harus mendapatkan nilai minimal yang telah ditetapkan, baru akan dinyatakan lulus,” jelasnya. Taufieq juga berharap peserta nanti dapat menjalankan tes dengan sebaik-baiknya. Datang tepat waktu sebelum jadwal pelaksanaan, yakni 30 sampai 60 menit sebelum jadwal tes.

Karena jika peserta terlambat datang dari jadwal yang telah ditentukan, secara otomatis peserta tidak bisa login dan secara otomatis akan dianggap gagal. “Selain harus memahami penilaian tersebut. Para peserta kita harapakan datang tepat waktu sebelum jadwal tes berlangsung dan mempersiapkan diri dengan baik,” tukasnya.(127)