Perusahaan dan Warga Harus Bersinergi

KETAHUN,BE- Permasalahan antara perusahaan dengan masyarakat harus disikapi positif. Persoalan terjadi karena perusahaan berada di lingkungan masyarakat. Idealnya keduanya harus bersinergi karena saling ketergantungan satu dan lainnya. “Selama ini sudah berulang kali difasilitasi setiap terjadi persoalan. Semestinya hal itu tidak perlu terulang,” kata Camat Ketahun Ir Budi Sampurno.

Menurutnya, tidak hanya wilayah Ketahun yang sering terjadi permasalahan antara warga dan perusahaan. Di negara tetangga (Malaysia) sejumlah perusahaan perkebunan juga mengalami hal yang sama. Solusi dari persoalan yang muncul selalu diselesaikan secara pendekatan yang menguntungkan kedua pihak, hingga tercipta sinergi dan kemitraan yang baik.”Pendekatan yang baik dan menguntungkan kedua belah pihak harus dikedepankan agar persoalan tidak berlarut-larut,” terangnya.

Beberapa perusahaan yang erat kaitannya dengan usaha perkebunan, di wilayah Ketahun masih ada yang menghadapi persoalan dengan masyarakat. Bukan saja masalah status tanah yang sementara menjadi pokok bahasan, soal ganti rugi terhadap lokasi eks perusahaan tertentu yang sekarang digarap oleh warga pun belum menemui titik temu. Tanpa harus menyebutkan perusahaan mana, Camat menghimbau agar dalam hal ini dalam waktu tidak berkepanjanagan, kesepakatan bisa segera tercapai, sehingga terwujud kemitraan dan hubungan kerjasama yang baik. “Semaksimal mungkin kita upayakan untuk menfasilitasi agar wilayah ini tercipta situasi yang kondusif,” pungkasnya. (919)