Perubahan atau Lanjutkan

nyoblosBENGKULU,BE – Penantian panjang akan hadirnya pemimpin Kota Bengkulu akan segera terpenuhi. Hari ini 249.266 warga Kota Bengkulu akan menentukan pilihannya. Siapa yang akan memimpin 5 tahun ke depan.

Pilwakot putaran II ini tinggal menyisakan 2 pasang kandidat. Helmi Hasan-Patriana Sosialinda dengan nomor urut 1 dan pasangan nomor urut 7 Ahmad Kanedi-Dani Hamdani. Kedua pasangan ini memang sangat kontras. Misalnya saja jargon yang diusung. Helmi-Linda mengusung tema Perubahan sedangkan Kanedi-Dani mengusung tema Lanjutkan. Helmi-Linda diusung gabungan Partai Demokrat, PAN, Gerindra dan PNBK. Sedangkan Kanedi-Dani diusung PKS, Hanura, PKPI, PDIP, PBB dan PDK. Helmi Hasan akan mencoblos di TPS 1 Kelurahan Sidomulyo, sementara Ahmad Kanedi akan mencoblos di TPS 1 Sawah Lebar.

Terlepas dari itu, Ketua KPU Kota Bengkulu Salahudin Yahya berharap warga lebih berpartisipasi aktif dengan berbondong-bondong ke tempat pemungutan suara (TPS).

“Kita harus ikut berperan menentukan siapa pemimpin Kota Bengkulu. Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini,” ucapnya.
Anggota KPU Kota Bengkulu Juniarti Boermansyah SAg M Hum menjelaskan jumlah TPS yang ada di Kota Bengkulu sebanyak 616 TPS dari 67 kelurahan dan 9 kecamatan. “Jumlah surat suara yang kita salurkan sebanyak jumlah DPT ditambah 2,5 persen,” ungkap Juniarti.

Di kantor KPU Kota juga, kata dia, masih ada ada seribu surat suara untuk mengantisipasi terjadinya pemungutan suara ulang. “Kita juga sudah memusnahkan 512 lembar surat sura yang rusak,” tuturnya.

Pencoblosan hari ini, jelas dia, akan dimulai pukul 07.00 WIB dan berakhir pukul 13.00 WIB. Artinya lewat dari jadwal itu pemilih tidak diperkenankan lagi untuk mencoblos. Usai perhitungan di TPS, akan dilanjutkan perhitungan di tingkat PPS selama 3 hari. Kemudian 3 hari selanjutkan akan memasuki rekapitulasi tingkat PPK
“Rekapitulasi di KPU dijadwalkan 28-30 Desember. Nah, 30 Desember KPU akan melakukan pleno pasangan calon terpilih,” katanya.

Jangan Golput
Di bagian lain Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah mengimbau agar masyarakat Provinsi Bengkulu tidak golput. Ia meminta masyarakat agar memilik pemimpin terbaik diantara yang baik sehingga dapat membawa Kota Bengkulu menjadi maju. “Jangan ada yang golput, pilih yang terbaik. Gunakan hak pilih dengan baik, sesuai prinsip demokrasi, langsung umum bebas dan rahasia,” kata Junaidi, usia menghadiri acara peringatan hari Ibu, kemarin.

Ia mengatakan hasil dari dua pasang calon yang ikut dalam putaran kedua adalah hasil dari seleksi masyarakat. Sebab itu, sudah saatnya masyarakat Kota Bengkulu untuk memilih pemimpin yang terbaik. “Bila perlu salat Istiqarah, untuk menentukan pilihan,” katanya.

Junaidi berharap Pilwakot berlangsung sukses seperti pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Masyarakat dapat menyampaikan pilihannya secara demokratis dan memilih sesuai dengan hati nurani. “Kita berharap, Pilwakot ini lebih bagus dari Pilkada-pilkada lainnya,” tegasnya.

Junaidi sendiri nantinya akan melakukan peninjauan pelaksanaan Pilwakot, bersama FKPD dan Dinas/intansi di Lingkungan Pemprov Bengkulu. Ia akan melakukan pemantuan untuk memastikan bahwa Pilwakot dapat berlangsung dengan damai. “Kita berharap masyarakat tetap menjaga keamanan dan kenyamanan, jangan terpancing dengan isu-isu dan sebagainya yang dapat memicu kerusuhan,” katanya.

Ia sendiri akan melakukan pencoblosam sekitar jam 8 di Bumi Ayu 4 TPS 4.
“Besok (hari ini)  saya nyoblos sekitar jam 8 di  di Bumi Ayu 4 TPS 4, Kita laksanakan Piwalkot ini sebaik mungkin jangan ada yang golput maunya saya,” tegas Junaidi.

Ia mengatakan pentingnya memilih bagi warga karena akan menentukan pemimpin di Kota Bengkulu lima tahun kedepan. Sekaligus untuk perbaikan dan kemajuan warga Kota Bengkulu 5 tahun ke depan. “Kita sudah tahu plus minusnya. Kalau milih si A ini kelebihannya, kalau milih si B ini kelebihannya, demikian juga kekurangannya,” pungkasnya.(100/cw2)