Pertengahan Tahun, Pabrik Segon Beroperasi

SONY DSCKEPAHIANG, BE – Masyarakat Kepahiang yang akan memasuki masa panen perdana tanaman Sengon tidak perlu resah. Pasalnya pabrik pengolahan kayu sengon di Kepahiang akan segera beroperasi pertengahan tahun ini. Bupati Kepahiang Drs H Bando Amin C Kedar MM menyampaikan pihaknya sudah mempredikasi jika budidaya tanaman sengon masyarakat akan memasuki masa panen perdana pada tahun ini. Sehingga sudah bisa dipastikan pabrik sengon sudah mulai beroperasi pada pertengahan tahun ini.

“Berdasarkan perhitungan kita, Sengon pada pertengahan tahun ini akan mulai penen perdana. Sehingga untuk penampungan hasil sengon ini kita tengah membangun Pabrik pembuatan kayu lapis (Pollywood) berbahan dasar dari olahan kayu Sengon di Kepahiang, tepatnya di jalan lintas Kepahiang-Pagar Alam Sumsel di simpang Desa Cinta Mandi Kecamatan Bermani Ilir,” ujar Bando.

Dikatakannya, selain pabrik tersebut akan menampung hasil panen dari komoditi Sengon. Pengoperasian dari pabrik ini juga akan banyak menampung kebutuhan tenaga kerja. Yang tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi daerah ini.
“Penyelesaian dari tahapan pembanguan pabrik inipun akan bersamaan dengan mulainya panen perdana dari program sengon itu sendiri,” ungkap Bando.

Dijelaskaannya, kapasitas produksi dari pabrik tersebut, sebanyak 32 ribu meter kubik pertahun.Diperkirakan lebih dari cukup untuk menampung hasil panen sengon yang saat ini sudah mulai banyak diminati masyarakat.

“Pabrik ini nati bukan saja akan membuat kaya bagi masyarakat yang saat ini sudah mulai menanam, tapi juga akan banyak dirasakan manfaatnya bagi masyarakat lain. Sebab setidaknya 1 pabrik ini saja akan menampung sedikitnya 500 tenaga kerja,” beber Bando.
Dampak lain akhir dari itu, tegas Bando, perekonomian masyarakat akan sendirinya meningkat. Dan wilayah tempat dibangunnya pebrik ini, dengan sendirinya akan menjadi kawasan perekonomian baru bagi Kabupaten Kepahiang.

“Kalau perekonomian masyarakat tumbuh baik, dan tidak ada lagi masyarakatnya yang miskin, kenapa tidak kita bermimpin Kepahiang ini akan seperti Hongkong,” ujarnya.

Menurut Bando, setelah melakukan pembanguan pabrik sengon di Simpang Cinta Mandi Bermani Ilir ini pihaknya juga akan melakukan pembanguan serupa wilayah kecamatan Ujan Mas atau Merigi.(505)