Pertengahan Juni 2021, Sudah 17,6 Ribu Pelaku UMKM Terima BPUM

FOTO IST/ pelaku UMKM Penerima BPUM

BENGKUKU, bengkuluekspress.com – Hingga pertengahan Juni 2021 ini, sudah sekitar 17.600 lebih pelaku usaha mikro kecil menengah atau UMKM di Kota Bengkulu yang telah menerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Koperasi dan UKM Kota Bengkulu, sejak 2020 hingga bulan Juni ini sudah 70 ribu lebih pelaku UMKM yang mengusulkan bantuan tersebut.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Eddyson mengatakan, ada beberapa pelaku UMKM yang tak dapat bantuan tersebut dikarenakan sejumlah faktor. Salah satunya adalah saat menyerahkan data yang menjadi syarat bantuan hingga adanya satu kartu keluarga yang digunakan oleh 4 anggota keluarga untuk mengusulkan bantuan tersebut.

“Iya plafon dari pusat itu kuota penerimanya 12 juta UMKM. Ini masih dibuka hingga September 2021. Jadi jangan nunggu lagi, bagi pelaku usaha UMKm segeralah mendaftar. 12 juta penerima itu skala untuk se Indonesia, nanti jika bulan depan kuota terpenuhi, ya pendaftaran di kementerian otomatis ditutup. Dan ada beberapa pelaku UMKM tak bisa mendapat bantuan karena ada syarat-syarat yang tidak terpenuhi,” jelas Eddyson, Jumat (18/06).

Dengan demikian pihak Kementerian Koperasi dan UKM pun mulai memperketat seleksi penerima bantuan itu, dengan membatasi jumlah anggota keluarga yang akan diakomodir dalam pengajuan bantuan maksimal hanya 2 orang dalam satu kartu keluarga. (Imn)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*