Pertamina Survei Potensi Panas Bumi

CURUP, BE – Kabupaten Rejang Lebong yang berada di kawasan pegunungan bukit barisan, kaya akan sumber daya alam. Baik kesuburan tanahnya hingga kekayaan lainnya seperti gas atau panas bumi (geothermal).

Salah satu lokasi yang saat ini disinyalir memiliki potensi tersebut adalah di kawasan Desa Air Bening dan Desa Bukit Daun Kecamatan Bermani Ulu. Kedua desa tersebut berada di lereng Bukit Daun. Bahkan untuk memastikan keberadaan gas yang merupakan hasil aktivitas tektonik tersebut, pihak Pertamina akan melakukan eksplorasi atau pencarian gas bumi tersebut dalam waktu dekat ini.

“Ada informasi kalau di Desa Air Bening dan Desa Bukit Daun ada energi panas bumi dan saat ini pihak Pertamina pusat akan melakukan survei ke lokasi,” ungkap Bupati Rejang Lebong, H Suherman SE MM, belum lama ini.

Dijelaskan bupati, pihak Pertamina pusat tersebut saat ini sudah mengantongi izin untuk melakukan survei yang rencananya akan dilaksanakan hingga tiga tahun ke depan.

“Kalau sudah disurvei dan ada indikasi panas bumi, maka mereka akan melakukan eksplorasi untuk memastikan energi itu. Saya harap perangkat desa dan kecamatan di sekitar lokasi untuk berkoordinasi dan membantu pihak terkait,” harap bupati.

Lebih lanjut Suherman menjelaskan, bila memang ada energi panas bumi di sekitar lokasi itu, maka akan menjadi salah satu pemasukan pendapatan daerah (PAD) yang cukup besar.

“Administrasi dan izin Pertamina sudah ada, dan lokasi-lokasi itu tidak merusak hutan, dan untuk melakukan survei, dibutuhkan hanya beberapa hektar saja,” jelas Suherman.

Lebih jauh ia menjelaskan, bila memang nanti memang ada potensi gas bumi, maka luas daerah yang diperlukan hanya sekitar 3 hektar saja. Sementara itu terkait dengan kapasitas gas bumi yang dimiliki kawasan tersebut, menurut bupati bisa mencapai 70 megawatt.

“Potensi energi panas bumi ini jarang dimiliki oleh daerah lain, kalau memang ada di Kabupaten Rejang Lebong, ini merupakan keuntungan cukup besar dan kami berharap pihak-pihak terkait mendukung upaya survei pihak Pertamina ini. Kepada Camat dan Kades tolong dibantu dan difasilitasi dengan baik,” pesan Suherman. (251)