Pertahankan Anelka, West Brom Kehilangan Sponsor

LONDON – Ancaman website properti Zoopla terhadap klub West Bromwich Albion terbukti. Portal milik  pengusaha keturunan Yahudi, Alex Chesterman ini menyatakan telah mengkaji untuk menghentikan kerjasama sebagai sponsor klub Liga Primer Inggris tersebut.

Hal ini menyusul penolakan West Brom untuk mencoret nama pemain Nicolas Anelka dari daftar pemain yang akan dibawa saat melawan Everton, Selasa (21/1) dini hari WIB.

Dengan keputusan tersebut kini logo  Zoopla hanya akan bertahan di seragam  West Brom hingga akhir  musim ini.

‘’(Zoopla) Telah memutuskan untuk memfokuskan perhatiannya pada kegiatan pemasaran lainnya  setelah musim ini ” ujarnya pihak Zoopla Seperti dilansir Sky Sports, Senin (20/1)

Sebelumnya  halaman Daily Mail, Jumat (17/1)  Zoopla telah melayangkan keberatan tersebut kepada klub. Namun klub asal West Midlands tersebut rupanya tak gentar dengan ancaman yang bakal membuat mereka kehilangan dana sponsorship senilai GBP 3 juta atau sekitar Rp 60 miliar ini.

Mereka lebih memilih mempertahankan pemain berkebangsaan Prancis tersebut.

Seperti diketahui kasus ini bermula saat Anelka melakukan selebrasi gol dengan membentuk sikap quenelle—menyilangkan tangan kiri ke lengan kanan – dalam laga melawan West Ham United, Desember lalu.

Sejumlah pihak kemudian menuding simbol tersebut merupakan aksi rasial anti semit, simbol yang digunakan Hitler dan kawan-kawan di masa lalu.

Kontan, kelompok penentang terutama dari kalangan Yahudi memprotes hal aksi penyerang 35 tahun itu sebagai penghinaan.

FA kemudian melakukan penyelidikan yang hasilnya baru diumumkan pekan depan.

Namun demikian Anelka membantah jika apa yang dilakukannya usai mencetak gol tersebut adalah sikap  quenelle yang menghina bangsa Yahudi.

Ia, berkilah dirinya hanya menirukan gerak yang kerap dilakukan kawannya Dieudonne, seorang komedian Prancis jika sedang berpentas. (zul/jpnn)