Personel Gabungan Siap Amankan Pemilu

GELAR PASUKAN Kapolres Kaur saat menyematkan pita kepada perwakilan anggota pada apel pasukan Operasi Mantap Brata Nala 2018 di lapangan Mapolres Kaur, Rabu (199 (1)
IRUL/Bengkulu Ekspress
GELAR PASUKAN: Kapolres Kaur saat menyematkan pita kepada perwakilan anggota pada apel pasukan Operasi Mantap Brata Nala 2018 di lapangan Mapolres Kaur, Rabu (19/9).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Ratusan personel gabungan Kepolisian, TNI, Satpol PP dan berbagai unsur siap mengamankan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Untuk menunjukkan kesiapan tersebut mereka menggelar apel pasukan Operasi Mantap Brata Nala 2018 di lapangan Mapolres Kaur, Rabu (19/9). Sedikitnya 250 personil gabungan yang terdiri unsur Kepolisian, TNI, Satpol PP dan berbagai unsur itu mengikuti apel gelar pasukan ini.

Kapolres Kaur AKBP Sisman Adi Pranoto SH SIK sebagai inpsektur upacara membacakan sambutan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyampaikan, operasi Mantap Brata Nala 2018 dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2019.

“Apel gelar pasukan ini diselenggarakan di seluruh jajaran dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personel, sarana dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan, dengan demikian Pemilu tahun 2019 akan dapat terselenggara dengan aman, lancar dan damai,” kata Kapolres dalam sambutannya, kemarin (19/9).



Dikatakan Kapolres, peningkatan intensitas kegiatan politik tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan. Diantaranya yang cukup menjadi perhatian bagi Polri, adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa serta penyebaran hoax yang berpotensi menimbulkan konflik sosial ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

“Untuk itu Polri dibantu dengan unsur TNI dan stakeholders terkait lainnya menggelar operasi Mantap Brata Nala 2018, ini guna mengatasi gangguan Pemilu 2019, dan ini dilaksanakan selama 397 hari terhitung mulai tanggal 20 September 2018 sampai dengan 21 Oktober 2019,” terangnya.

Ditambahkan Kapolres, untuk persiapan pengamanan pemilu, jumlah personil yang nantinya dikerahkan akan disesuaikan tahapan dan tingkat kerawanan pelaksanaan pemilu. Juga lebih ditekankan dalam operasi kali ini bagi elemen masyarakat yang menunjang keberhasilan selama pelaksanaan pesta demokrasi“Semua elemen ini mempunyai peranan penting dalam mensukseskan Pemilu berjalan aman dan damai,” tandasnya.(618)