Personel Damkar Tingkatkan Kemampuan

Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan membuka latihan gabungan personel pemadam kebakaran di halaman kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu, kemarin.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Ratusan personel pemadam kebakaran (damkar) se-Provinsi Bengkulu mengikuti pelatihan di markas PBK Kota Bengkulu, kemarin (28/8).  Pelatihan ini dalam rangka peningkatan kemampuan individu terkait tugas pokoknya yakni penyelamatan dan pemadaman api.

“Pelatihan ini sangat baik untuk meningkatkan kemampuan, kepada petugas pemadam kebakaran karena ini berkenaan dengan kemampuan di lapangan,” kata Wali Kota, Helmi Hasan yang membuka pelatihan tersebut di halaman kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu, kemarin (28/8).

Ia berharap latihan gabungan ini bisa terus dilakukan kedepannya, tak hanya di Kota Bengkulu tetapi juga di kabupaten-kabupaten lainnya untuk memperkaya ilmu.



 

“Kalau saling tukar pengalaman di daerah lain, tentu medan lapangan dan suasananya berbeda, sehingga pemahaman para personel dapat lebih diperkaya lagi,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu, Saipul Apandi menjelaskan kegiatan rutin ini untuk melatih disiplin, ketanggapan personel Damkar karena memiliki risiko yang berat. Maka diharapkan ketika masyarakat membutuhkan personel, Pemadam Bahaya Kebakaran hadir untuk memberikan bantuan tepat waktu. “Kegiatan ini juga berguna meningkatkan solidaritas pasukan dan kedisiplinan dalam menjalankan tugas sesuai dengan prosedur tetap,” imbuhnya. (805)