Persiapkan Siswa Hadapi UN

SOSIALISASI: Dispendik Kaur saat melakukan sosialisasi USBN menjadi US di SDN 4 Kaur, Rabu (26/2).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Kaur mengingatkan semua Kepala Sekolah (Kepsek) SD-SMP sederajat agar tidak terpengaruh kebijakan baru Mendikbud soal penggantian UN menjadi asesmen kompetensi dan survei karakter siswa ditahun 2021.

Dimana para Kepsek harus tetap fokus mempersiapkan siswa untuk menghadapi UNBK dan US yang akan berlangsung dalam waktu dekat.

“Kita meminta agar sekolah-sekolah saat ini mulai mempersiapkan siswanya sejak dini untuk menghadapi UN tersebut. Kepala sekolah harus mengabaikan dulu regulasi dan tetap fokus menghadapi UN ini,” kata Kadispendik Kaur, Endy Yurizal SP melalui Kabid Dikdas Lisarmawan S Kom saat mengelar sosialisasi USBN menjadi US di SDN 4 Kaur rabu (26/2).

Dikatakannya, mempersipkan siswa dalam menghadapi UNBK dan UN, menurutnya, jauh lebih penting untuk sementara ini. Seperti halnya penginputan data peserta ujian, persiapan sarana UNBK serta mempersiapkan mental peserta didik dalam menghadapi soal ujian.

Disinggung sekolah yang melaksanakan sistim UNBK sendiri, disebutkan Lisarmawan semuanya akan melasanakan ujian berbasis komputer. “Untuk seluruh SMP tahun ini akan melaksanakan UNBK dan tidak ada yang UNKP. Untuk itu kita minta kepada sekolah agar lebih mempersiapkan diri,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk tingkat SD kini tidak ada lagi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan diganti ujian sekolah (US). Perubahan ini dilakukan sebagaiamana tertuang dalam Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 43 tahun 2019.

Dimana US tahun ini sepenuhnya diserahkan kepada pihak sekolah. Bahkan, seluruh sekolah harus membuat soal ujian masing-masing.”Perbedaannya, kalau sebelumnya soal ujian 25 persen berasal dari kementerian.

Sedangkan, sekarang 100 persen dibuat oleh sekolah sendiri. Nah untuk itu melalui sosialosasi ini kita minta kepada sekolah agar mempersiapakan diri,” harapnya. (618)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*