Persiapan Realisasi E Blue, Dewan Cek Kesiapan UPTD KIR

FOTO IMAN/ BE – Komisi II DPRD Kota Bengkulu saat mengecek kesiapan UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor, Senin (07/06).

BENGKULU,bengkuluekspress.com – DPRD Komisi II Kota Bengkulu melakukan kunjungan ke Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengujian Kendaraan Bermotor atau yang disebut KIR, di kawasan Kelurahan Surabaya Kota Bengkulu. Mengingat Kota Bengkulu menjadi salah satu tempat pengujian kendaraan bermotor selain Kabupaten Bengkulu Utara yang sudah lulus uji kalibrasi dari Kementerian Perhubungan RI.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bengkulu, Bardin mengatakan, nantinya selain Kota Bengkulu, beberapa Kabupaten yang tidak lulus uji kalibrasi juga akan melakukan pengujian kendaraan bermotor di UPTD ini. Tentunya hal tersebut menjadi peluang untuk menambah PAD Kota Bengkulu.

“Sejatinya UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor kita ini siap, kita siap melakukan pengujian. Namun saat ini tinggal perubahan perdanya saja yang belum. Itu sudah kita usulkan, jika perda itu selesai maka peningkatan PAD kita akan naik tajam karena seluruh kendaraan itu akan wajib uji sesuai keputusan Kementerian Lingkungan Hidup,” jelas Bardin, Senin (07/06).

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Bengkulu Indra Sukma mengatakan pihaknya akan mendorong agar perda tersebut segera diselesaikan. Mengingat UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor ini sangat potensial meningkatkan PAD Kota Bengkulu yang saat ini sedang anjlok karena terdampak Covid-19.

“Terkait perda nanti tergantung ke Bapemperdanya, mereka mau langsung mengerjakannya atau diserahkan ke pansus. Namun sejatinya kami mendukung hal ini karena seluruh kendaraan dari dalam maupun luar Kota Bengkulu bisa diuji disini dan dapat meningkatkan PAD,” kata Indra Sukma.

Saat ini PAD yang ditargetkan dari Dishub melalui pengujian kendaraan bermotor tersebut yakni senilai Rp 1,2 miliar yang dalam sebulan terealisasi rata-rata mencapai Rp 380 jutaan. Jika perda terselesaikan dan E Blue sudah berjalan, PAD Kota Bengkulu dari sektor ini bisa mencapai 2 kali lipat dari target atau bahkan lebih. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*