Persiapan Porwil Dikebut

YouTube video

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi sudah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) pada 3-9 November 2019 mendatang di Bumi Rafflesia. Sehingga diharapkan pelaksanaan Porwil dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Kepala Dispora Provinsi Bengkulu, Atisar Sulaiman SAg MM mengaku, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga RI serta Koni Pusat untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Porwil di Provinsi Bengkulu. “Alhamdulillah, Pemerintah Pusat dan Koni Pusat mendukung kegiatan ini bisa sukses terselenggara di Bengkulu,” kata Atisar, kemarin (26/2).

Bahkan demi mensukseskan pelaksanaan ini, Pemerintah Provinsi Bengkulu telah menentukan beberapa venue untuk Porwil ini. Dimana cabor sepak bola akan dilaksanakan di Stadion Sawah Lebar Kota Bengkulu, Stadion Rejang Lebong, dan Bengkulu Selatan. “Untuk cabor sepak bola nanti akan dibagi 2 Pool, dimana Pool A di Rejang Lebong dan Pool B di Bengkulu Selatan. Sementara untuk Partai Final akan dilaksanakan di Stadion Sawah Lebar Bengkulu,” ujar Atisar.



Sedangkan untuk cabor atletik dan panjat tebing akan dilaksanakan di Stadion Sawah Lebar Kota Bengkulu, sementara cabor bulu tangkis, kempo, muaythai di Gelanggang Olah Raga (GOR) Kota Bengkulu, cabor renang di Kolam Renang Rafflesia Kota Bengkulu, cabor tinju di Sasana Tinju Kota Bengkulu, catur di Grage Horizon, bola basket di Sport Center dan billiar di Bencoolen Mall.

“Saat ini venue tersebut ada yang telah siap dan sebagian akan dilakukan rehab mulai Maret 2019 ini dan Inshallah dalam waktu dekat akan rampung,” tutur Atisar.

Selain 10 cabor yang dipertandingkan di Porwil ini, Pemerintah Provinsi Bengkulu juga menambah dua cabor lagi yaitu bola volli dan takraw. Kedua cabor ini dimasukkan didalam event Porwil dikarenakan Bengkulu ditunjuk oleh Pemerintah Pusat sebagai tuan rumah pra kualifikasi PON di Papua pada 2020 mendatang. “Dua cabor tersebut bukan dalam event porwil, tetapi karena Bengkulu jadi tuan rumah pra kualifikasi PON di Papua 2020 jadinya ada 12 cabor yang dipertandingkan. Untuk pelaksanaan kegiatan dua cabor tersebut nantinya akan dipusatkan di Pantai Panjang Kota Bengkulu,” tutup Atisar.

Sementara itu, Ketua KONI Provinsi Bengkulu, Mufron Imron mengaku, saat ini pihaknya telah mempersiapkan beberapa atlet dari masing-masing cabor. Saat ini seluruh atlet tersebut sedang menjalani palatihan dan pembinaan sehingga diharapkan bisa meraih kemenangan pada Porwil ini. “Kita sudah siapkan seluruh atlet untuk Porwil ini, yang jelas atletnya asli putra putri Bengkulu,” tutupnya.(999)