Persiapan Logistik 70 Persen

logistik (2)
MEDI/Bengkulu Ekspress
Komisioner KPU Kota Bengkulu, Zaini SAg saat menunjukan segel dan tinta yang akan digunakan pada Pilwakot 2018.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu terus memantau proses pengadaan logistik yang digunakan pada hari pencoblosan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota 27 Juni mendatang.  Saat ini logistik yang sudah tiba di Bengkulu baru kertas segel dan tinta sidik jari yang jumlahnya sesuai dengan jumlah TPS.

“Sudah 70 persen, mulai dari pengadaan sampai persiapan. Sedangkan logistik yang sudah ada di KPU sekarang baru kertas segel dan tinta,” kata Komisioner KPU, Zaini SAg saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin (22/5).

Dijelaskannya, kegunaan kertas segel ini untuk menutup lubang kotak suara, menutup lubang kunci gembok kotak suara, kemudian menutup sampul-sampul dokumen penting sebelum dilakukan pemungutan suara, hingga segel dokumen hasil perhitungan suara. Sedangkan kegunaan tinta adalah sebagai tanda bagi para pemilih yang sudah menggunakan hak suaranya di TPS, dengan cara mencelupkan ujung jari ke dalam wadah tinta yang disiapkan oleh KPPS nanti. Sehingga, pemilih itu tidak bisa memilih 2 kali atau lebih.

“Untuk tinta yang kita gunakan sudah ada jaminan dari MUI, berupa sertifikat halal artinya aman dari zat-zat berbahaya, maka masyarakat tidak ragu-ragu menggunakannya nanti untuk tersentuh dengan kulit,” terangnya.

Selain itu, Zaini juga mengungkapkan, untuk jenis logistik lainnya sedang dalam proses, yakni berupa surat suara sudah selesai dicetak dan sedang dalam perjalanan melalui jalur darat dari Jakarta menuju ke Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu. Provinsi Bengkulu Kemudian, hologram baru saja selesai dicetak dan dalam 3 hari ke depan akan tiba di Kota Bengkulu.  “Kalau surat suara diperkirakan sampai besok malam, begitu juga dengan beberapa logistik lainya. Kalau jumlahnya berkisar 237 ribuan, dari jumlah DPT ditambah 2,5 persen,” pungkasnya. (805)