Persiapan HPN Terus Dimatangkan

FOTO; Ruslan

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Bupati Mukomuko Choirul Huda didampingi Sekda Marjohan melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Ruslan menyampaikan, persiapan dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN), yang akan digelar Maret mendatang terus dimatangkan.  Mulai dari persiapan pencatatan rekor MURI Tari Gandai terbanyak, persiapan pembukaan, persiapan sosialisasi UUD Pers, Uji Kompetensi Wartawan (UKW) hingga hiburan rakyat dan penutupan yang akan berlangsung di objek wisata Danau Nibung, Kota Mukomuko.

Menurutnya, untuk kegiatan rekor MURI tari gandai, diprediksikan target 1000 penari bakal tercapai, bahkan bisa lebih. Ini dilihat antusias masyarakat sangat tinggi.  Ini juga tidak terlepas dari dukungan dari berbagai pihak. Mulai dari kepala desa (kades) dan perangkatnya, kelurahan, pihak kecamatan,tokoh adat, tokoh masyarakat dan pihak-pihak terkait lainnya bersatu dan bersinergi ikut mendukung dan mensukseskannya. “Khusus untuk tari gandai.  Sejak beberapa minggu lalu melakukan latihan bersama. Bahkan penari yang didatangkan di setiap zona latihan di fasilitasi kades/lurah dan Camat, juga terus berlatih,” bebernya.



Untuk mensukseskan beberapa kegiatan tersebut, Ruslan mengharapkan semangat dan dukungan lebih maksimal dari seluruh elemen dan pihak-pihak terkait lainnya. Diantaranya dari pihak swasta, perbankan, dinas dan instansi lainnya.  Pasalnya, kegiatan dalam rangka HPN, bukan hanya dilakukan rekan-rekan wartawan saja. Tetapi seluruh masyarakat di daerah ini. Ditambah lagi ide yang sangat bagus digagas teman-teman PWI Mukomuko, selain mendukung menuju wonderful 2020. Juga mengangkat nama daerah hingga ke tingkat internasional melalui kebudayaan di daerah ini.

“Ide yang sangat bagus dari PWI Mukomuko, harus kita dukung dan bersama-sama mensukseskannya,”tegasnya.

Ruslan juga menyampaikan, untuk koordinasi lebih lanjut, Bupati Mukomuko, mengundang seluruh pihak perusahaan swasta, FKPD,OPD hingga pihak kecamatan untuk rapat bersama. Ini tidak lain untuk mengajak secara bersama-sama mensukseskan HPN.

“Jika tidak ada halangan, Rabu, 6 Februari 2019 mendatang, akan digelar rapat bersama yang melibatkan sejumlah pihak. Tujuan utamanya mengajak bersama mensukseskan HPN tahun 2019. Dimana Kabupaten Mukomuko ditunjuk sebagai tuan rumah,” bebernya.

Ruslan juga menyampaikan, dengan momen HPN. Berbagai potensi wisata daerah dan budaya serta ciri khas Kabupaten Mukomuko akan lebih di promosikan. Karena akan memberikan hal yang positif untuk percepatan pembangunan di daerah ini.

Termasuk akan lebih dikenal luas ditingkat nasional hingga manca negara. Salah satunya terkait tari gandai. Dimana sudah diakui secara nasional sebagai warisan budaya tak benda. Ini tinggal dilakukan pengenalan lebih luas.
Rangkaian HPN di Kabupaten Mukomuko, akan dimulai 14 Maret hingga 16 Maret 2019 mendatang. Kegiatan yang akan dilaksanakan, tari gandai terbanyak untuk menuju pencatatan rekor MURI, Sosisalisasi UU Pers, Uji Kompetensi Wartawan (UKW), ramah tamah dan hiburan rakyat yang akan berlangsung di objek wisata Danau Nibung.(900/krn)