Persentase Resiko Kematian Lansia Tertinggi Akibat Covid-19

Foto Hendrik/BE – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni.

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Resiko kematian bagi masyarakat Lanjut Usia (Lansia) yang terkena virus Covid-19 saat ini adalah yang paling tertinggi. Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni S.KM M.Kes bahwa persentase angka kematian pada kelompok lansia hingga mencapai 48 persen dari total kasus.

“Saat ini kelompok yang sangat rentan mengalami kematian akibat Covid-19 adalah kelompok Lansia,” kata Herwan, Kamis (17/6).

Maka dari itu saat ini Pemprov Bengkulu berupaya melaksanakan vaksinasi difokuskan kepada kelompok Lansia, mengingat mereka memang lebih rentan beresiko terpapar Covid-19.

“Upaya kita salah satunya memberikan vaksinasi massal, untuk menaikkan target yang saat ini masih di angka 10 persen se-Provinsi Bengkulu. Sedangkan nasional rata-rata sudah 18 persen, sehingga kita harus berupaya mengejar capaian persentase rata rata,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Dr. H. Rosjonsyah, mengatakan memang hingga saat ini program vaksinasi yang telah berjalan, persentase lansia yang sudah vaksin se Provinsi Bengkulu masih sangat rendah.

“Untuk dosis pertama baru berkisar 8,9 persen dan dosis kedua 5,9 persen,” ujarnya

Rosjonsyah mengapresiasi seluruh bupati/walikota yang telah menggerakkan semua elemen pemerintahan dan masyarakat. Sehingga kegiatan pencanangan serentak vaksinasi Covid-19 bagi lanjut usia se-Provinsi Bengkulu sebelumnya dapat terlaksana.(HBN)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*