Persaingan Bacabup Lebong Sengit

Foto : IST

Dalhadi dan Yusal Siap Borong Parpol

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Empat bakal calon (balon) Bupati Lebong menjalani fit and proper test di Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Perindo Provinsi Bengkulu, kemarin (3/12). Mereka adalah Yusal Vedo, Dalhadi Umar, Kopli Ansyori dan Edi Subroto mengikuti uji kelayakan penjaringan bakal calon Bupati Lebong.

Persaingan pun bakal semakin sengit, karena dua diantaranya, yakni Dalhadi Umar dan Yusal Vedo SE mengaku siap memborong partai untuk memuluskan langkahnya maju Pilbup Lebong.
Dalhadi Umar mengatakan, dirinya sudah 6 mendaftar ke 6 partai.

“Di Perindo saya sudah fit and proper test. Insya Allah dapat dukungan, termasuk parpol lainnya,” terang Dalhadi kepada BE usai jalani fit and proper test di DPW Perindo Provinsi Bengkulu, kemarin.

Mantan Bupati Lebong dan mantan Anggota DPRD Provinsi ini menegaskan, 6 parpol tempat dirinya mendaftar itu ialah PDI-P, Golkar, Demokrat, Perindo, PBB dan PKB. Sementara PAN dan Partai Nasdem ia tidak mendaftar, lantaran kader dari dua parpol itu ada yang mencalon sebagai Bupati Lebong. “Saya tidak mau menggangu,” paparnya.

Di fit and proper test ini, juga disinggung soal calon wakil bupati. Menurut Dalhadi dirinya menyerahkan kepada parpol sepenuhnya. Meskipun ada beberapa tokoh Lebong yang siap untuk mendampinginya. “Saya serahkan sepenuhnya kepada parpol,” tambah Dahladi.

Sama halnya dengan balon Bupati Lebong lainnya, Yusal Vedo SE mengatakan, dirinya sudah mendaftar ke 7 parpaol yakni PDI-P, Perindo, Golkar, Hanura, Nasdem, Demokrat dan PKB. “Saya akan ikuti semua proses di parpol,” terang Yusal.

Yusal yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Bank Bengkulu Cabang Lebong menegaskan soal wakil bupati sampai saat ini belum ditentukan. Ia menyerahkan juga sepenuhnya kepada parpol yang akan mengusungnya nanti. “Saya serahkan ke parpol untuk pasangan saya nanti dan tentu sesuai aturan, saya akan mundur dari Bank Bengkulu ketika sudah ditetapkan sebagai calon,” tuturnya.

Sementara itu, Tim Panjaringan DPW Partai Perindo Provinsi Bengkulu, Eko Febrinaldo mengatakan, fit and proper test akan dilakukan terhadap semua balon yang mendaftar. Tidak hanya balon Bupati Lebong, tapi juga balon bupati dari daerah yang menggelar pilkada serentak. Termasuk fit and proper test kepada balon gubernur dan wakil gubernur. “Proses ini kita selesaikan sampai tanggal 15 Desember ini. Baru nanti DPW akan menentukan siapa yang akan diusulkan ke DPP,” tutup Eko. (151)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*