Perpustakaan Kerano Kuncoro Benteng Terakreditasi A, Pertama se-Provinsi Bengkulu


Bakti/BE
TERBAIK : Perpustakaan Kerano Kuncoro di Desa Sri Kuncoro, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu menjadi satu-satunya Perpustakaan desa di Provinsi Bengkulu yang meraih akreditasi A.

BENTENG,bengkuluekspress.com – Prestasi gemilang diraih Perpustakaan Desa Kerano Kuncoro yang berada di Desa Sri Kuncoro, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Perpustakaan terbaik se-Kabupaten Benteng ini menjadi satu-satunya perpustakaan desa yang telah meraih akreditasi A.
“Bahkan di Provinsi Bengkulu, Perpustakaan Kerano Kuncoro merupakan satu-satunya yang perpustakaan desa yang sudah terakreditasi A,” ungkap Kepala Desa (Kades) Sri Kuncoro, Romadhan.

Dikatakan Romadhan, dirinya sudah menerima pemberitahuan resmi dari Perpustakaan Nasional yang disampaikan melalui Perpustakaan Provinsi Bengkulu bahwa Perpustakaan Kerano Kuncoro sudah terakreditasi A.
“Proses akreditasi sudah dilakukan sekitar 2 bulan lalu melalui zoom bersama tim akreditasi dari pusat. Jika tak ada wabah Covid-19, tim akreditasi datang langsung mengecek kelengkapan sarana dan prasarana serta keaktifan perpustakaan,” kata Romadhan.

Diakui Romadhan, akreditasi A diraih bukan tanpa alasan. Perpustakaan Desa Sri Kuncoro memang dianggap layak. Bahkan, pada tahun lalu ditetapkan sebagai perpustakaan desa terbaik dan diberi kesempatan mengikuti lomba perpustakaan desa di tingkat nasional.
Beberapa fasilitas yang dimiliki diantaranya kipas , TV, komputer, rak buku yang tersusun rapi. Selain itu, perpustakaan juga dilengkapi koleksi kurang lebih 5 ribu judul buku. Dimulai dari buku tentang pendidikan, pertanian, kuliner serta buku tentang ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).
“Perpustakaan dibuka setiap hari. Selain menjadi tempat membaca, Perpustakaan seringkali dijadikan sebagai lokasi kegiatan pelatihan dan pembinaan kepada masyarakat,” tandasnya.(135)