Perpustakaan Diminta Jangkau Pedesaan

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Pepatah yang mengatakan buku gudang ilmu sangat disadarianggota DPRD Kabupaten Kepahiang. Karenanya, dewan gga mendesak Perpusatakan dan Arsip Daerah Kabupaten Kepahiang, menjangkau hingga kepedesaan. Tujuannya agar anak sekolah di berbagai desa mendapatkan pasokan buku dari Perpusda, supaya remaja dipedesaan mendapatkan asupan informasi pengetahuan melalui buka yang disediakan.
Desakan ini disampaikan Anggota DPRD Komisi I Zainal. Dia mengharapkan bila jangkauan Perpusda bisa menembus berbagai pelosok di Kabupaten Kepahiang.

“Harapan kita demikian agar Perpusda dapat mengjangkau hingga kepedesaan sehingga suplai uku pengetahui bisa sampai pada anak-anak di pedesaan,” ujarnya.

Selain itu Perpusda diminta juga mengembangkan informasi berbasis internet, dengan melengkapi fasilitas wifi atau internet gratis diperpustaan. Dengan begitu pelajar serta pemuda Kabupaten Kepahiang bisa mengakses informasi melalui dunia maya dengan gratis saat berada di Perpustakaan.

“Tentunya upaya itu dapat meningkatkan minat masyarakat terutama pelajar untuk mengunjungi perpustakaan, kalau sekarang kita saja keadaan perpustakaan masih sepi,” ungkapnya.

Zainal mengharapkan jajaran pengurus Perpusda dapat memiliki inovasi cerdas supaya dapat mengundang masyarakat datang ke Perpusda untuk membaca buku atau sekedar mencari buku dalam mencari tugas sekolah bahkan kuliah.

“Saya melihat di Perpusda Provinsi itu ada juga fasilitas ruang anak-anak agar meraka dapat betah berada di Perpustakaan. Hal-hal seperti ini harus dikembangkan di Kepahiang, supaya minat baca masyarakat dapat meningkat,” ujar Zainal. (320)