Perpusnas Bagikan Komputer


BENTENG, Bengkulu Ekspress – Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia (RI) tahun 2019 ini telah menyalurkan bantuan perangkat komputer ke sejumlah perpustakaan desa (Perpusdes) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng).  Meliputi, Perpusdes Air Sebakul dan Perpusdes Taba Pasemah Kecamatan Talang Empat serta Perpusdes Sri Kuncoro, Harapan Makmur dan Perpusdes Sidodadi Kecamatan Pondok Kelapa.

“Ada 5 Perpusdes yang menerima bantuan perangkat komputer dari Perpusnas,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Benteng, Dra Yulia Faridah MSi.

Dijelaskan Yulia, masing-masing Perpusdes mendapat jatah bantuan komputer sebanyak 5 unit. Hal ini bertujuan untuk menunjang pelayanan Perpusdes menuju lebih baik. Selain menjadi taman bacaan buku, Perpusdes diharapkan memiliki peranan sebagai pusat informasi secara online. “Bantuan diserahkan langsung oleh tim dari pusat minggu lalu,” tambahnya.



 

Lebih lanjut, Yulia menuturkan, penyaluran bantuan tak semerta-merta dilakukan begitu saja. Perpusdes penerima bantuan telah memiliki persyaratan yang diminta oleh Perpusnas RI. Mulai dari jaringan internet, gedung tersendiri, serta surat keputusan (SK) kepengurusan Perpusdes yang diterbitkan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) setempat.

“Masing-masing Kades juga diminta menyerahkan surat yang berisikan komitmen untuk mengembangkan perpustakaan. Setelah itu, pengurus Perpusdes juga akan diberi pelatihan agar bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan secara optimal,” jelasnya.

Selain bantuan perangkat komputer, perempuan yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Benteng ini menuturkan, Perpusnas juga memberikan bantuan buku sebanyak 1.000 buah ke 5 desa yang menerima bantuan komputer. Bantuan akan diserahkan dalam waktu dekat agar keragaman bahan bacaan Perpusdes bisa lebih lengkap dan memenuhi kebutuhan pembaca. “Selain buku, masing-masing Perpusdes akan mendapat bantuan 2 unit rak buku. Sehingga, buku yang disalurkan dapat tertata rapi dan tak mengalami kerusakan,” demikian Yulia.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*