Pernikahan Meningkat

pernikahan
Foto : IST

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lebong mencatat peningkatan masyarakat yang menggelar prosesi pernikahan di semester I tahun 2018 sebanyak 142 pernikahan.

Kepala Kemenag Lebong, Drs H Hamdani MPd melalui Kepala Seksi Bimbingan masyarakat (Kasi Binmas) Islam, H Darul Maukup SAg mengatakan, bahwa semseter I tahun 2017 yang lalu pihaknya mencatat ada sebanyak 284 pernikahan, sementara di tahun 2018 ada sebanyak 486 pernikahan.

“Itu kita dapatkan dari ( Kantor Urusan Agama (KUA) yang tersebar di Kabupaten Lebong,” jelasnya, kemarin.

Ditambahkannya, dari jumlah 426 pernikahan di semester I tahun 2018. Untuk pelaksanaan pernikahan terbanyak KUA Kecamatan Lebong Utara sebanyak 87 pernikahan. Disusul di Kecamatan Lebong Tengah sebanyak 76 pernikahan.

“Itu yang telah kita dapat ,” sampainya.Ditambahkan Darul, sebelum melaksanakan akad nikah seluruh masyarakat yang akan melangsungkan pernikahan, terlebih dahulu diberikan bekal berupa pemahaman mengenai makna pernikahan yang dilakukan bagian Badan Penasehat Pembinaan Pelestarian Perkawinan (BP4).

“Minimal para calon pengantin mengikuti kegiatan pelatihan sebanyak 1 kali,” ujarnya.

Dengan mengetahui kewajiban masing-masing dari kedua belah pihak (laki-laki dan perempuan), nantinya dapat mengantisipasi perselisihan didalam rumah tangga. Dengan mengikuti pelatihan, maka akan didapat bagaimana cara-cara mengantisipasi agar tidak terjadinya perselisihan yang mengakibatkan perceraian.“Semuanya harus diketahui dimana pelatihan sendiri diwajibkan untuk diikuti,” tutur Darul.

(614)